Antusias, PKBM Al Ummah Tambelangan Sampang Ikuti Kegiatan Visitasi Secara Virtual

  • Whatsapp

SAMPANG, BeritaLima.com – Dengan mendatangkan beberapa alumninya, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Al Ummah antusias mengikuti kegiatan visitasi yang digelar oleh badan akreditasi Nasional pendidikan anak usia dini dan pendidikan nonformal (BAN PAUD dan PNF) provinsi jawa timur, Rabu (27/10/2021).

Dalam kegiatan tersebut asesor visitasi Dr. Ahmad.M.Pd dan Dr. Firsta Bagus Sugiharto.M.Pd. meminta Pengelola PKBM Al Ummah Ny. Hj. Munadiroh untuk menghadirkan beberapa alumni yang sudah berhasil mengembangkan pengetahuannya baik di bidang Pemerintahan maupun di bidang ekonomi.

“Saat ini kami menghadirkan alumni kami yang kami anggap sudah berhasil, diantaranya Kepala Desa, Tokoh Masyarakat, Tenaga Pendidik, Wartawan, dan Pelaku ekonomi kreatif yang semuanya adalah murni alumni lembaga PKBM kami,” ucap Nyi Mon panggilan akrab Hj.Munadiroh saat ditemui disela-sela acara.

Menurutnya banyak dari Masyarakat sekitar yang mengalami kegagalan dalam meniti jenjang pendidikan saat mereka usia dini, sehingga hadirnya Lembaga PKBM benar-benar menjadi solusi untuk memperluas kesempatan warga masyarakat, khususnya yang tidak mampu untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap mental yang diperlukan untuk mengembangkan diri dan bekerja mencari nafkah.

Sehingga kami berharap ada perhatian lebih dari Pemerintah agar kedepannya kami juga bisa memberikan layanan pendidikan untuk tingkatan selanjutnya, “Banyak dari alumni yang ingin lanjut kuliah di tempat kami, namun hingga saat ini kami hanya melayani hingga tingkat paket C,” harapnya.

Sementara itu, Dr. Ahmad.M.Pd mengatakan, akreditasi bertujuan untuk memastikan kualitas layanan minimal lembaga yang mengacu pada standar nasional pendidikan. Sebagai agen penjaga dan pengendali mutu pkbm.

“Dalam hal ini kami bertugas untuk memotret informasi kinerja lembaga selama memberikan layanan pendidikan di masyarakat sehingga berdampak pada peningkatan kinerja lembaga, sehingga melalui akreditasi yang dilaksanakan saat ini akan berimbas pada penguatan tata kelola lembaga dimasa mendatang,” katanya.

Selanjutnya kami berharap peserta mampu meningkatkan kemampuan pengelola PKBM dalam memahami pemenuhan Standar Kompetensi Kelulusan, serta mendorong PKBM untuk lebih tertib dalam mempersiapkan administrasi Perangkat Kurikulum, menciptakan tertib administrasi dalam pengelolaan Organisasi dan Kemitraan PKBM, Pengelolaan Keuangan PKBM, dan Pengelolaan Dokumen hasil Belajar dan Ujian Sekolah, meningkatkan pemahaman pengelola PKBM mengenai pengawasan pembelajaran dan program.(FA)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait