Apa Manfaat Buah Brokoli ?

  • Whatsapp

Oleh :
DR,dr. Robert Arjuna FEAS *
Bicara tentang Diabetes akan memberikan kesan bahwa penyakit ini tak bisa lepas obat dan akan timbul berbagai komplikasi antara lain : stroke,buta,jantung koroner,cuci darah,impoten dan “kaki busuk”.
Banyak cara mengobati diabetes yang dapat dilakukan oleh penderitanya mengonsumsi obat-obatan, mengurangi konsumsi gula, sampai mengonsumsi makanan yang disinyalir dapat mengobati diabetes. Salah satu alternatif sehat bagi diabetes adalah sayur brokoli yang santer digunakan dengan tujuan bisa menurunkan gula, apa ini benar?

Brokoli merupakan makanan sehat yang sangat bergizi mengandung :
1.vitamin C, 220 %
2.vitamin A, 50 %
3. folat, 20 %
4. vitamin B-6, 15%
5.fosfor, magnesium dan riboflavin, 10 %
6.tiamin, kalsium dan zat besi 8%
7.niacin dan seng.6%

Riset membuktikan:
Sebuah penelitian terbaru di Inggris mendapati bahwa brokoli mengandung zat penting, 1.sulforaphane yang mampu memperbaiki fungsi pembuluh darah yang rusak akibat diabetes. Kemudian dibuktikan kembali oleh Paul Thornalley dkk yang diterbitkan dalam jurnal “Diabetes” di tahun 2008 menemukan fakta bahwa sulforaphanes yang terkandung dalam brokoli dapat membantu mengaktifkan enzim pelindung yang berguna untuk membatasi tipe kerusakan sel ini. Oleh karenanya, apapun cara mengobati diabetes yang dilakukan oleh penderita diabetes, sangat baik jika diimbangi dengan konsumsi brokoli.

2.Sulphurophanes dan fitonutrien lainnya dalam brokoli juga dapat menurunkan risiko kanker. Kedua senyawa tersebut membantu menghilangkan racun dari tubuh, melawan radikal bebas dan membantu menghentikan pembelahan sel kanker. Makan brokoli dapat memperlambat penyebaran sel-sel kanker pada tubuh. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal “Clinical Cancer Research” pada tahun 2010 menyatakan bahwa sulphurophanes dalam brokoli dapat membantu mencegah perkembangan dan penyebaran kanker payudara.

KESIMPULAN
Satu porsi brokoli adalah bebas lemak dan memberikan 5 gram protein dan 10 gram karbohidrat.Brokoli dapat menjadi bagian dari diet yang sehat, karena memberikan banyak nutrisi dan memiliki indeks glikemik rendah sehingga tidak akan mengakibatkan lonjakan kadar gula darah sehingga aman dikonsumsi penderita diabetes BUKAN mengobati Diabetes tanpa meminum obat Diabetes dari dokter anda
Penelitian dilakukan di laboratorium menggunakan sulforaphane dan pembuluh darah yang rusak akibat tingginya gula darah, yang sebenarnya masih cukup jauh untuk membuktikan manfaat makan brokoli akan mencegah kerusakan karena diabetes BUKAN untuk menurunkan gula darah.menurut U.K. National Health Service. Namun, penelitian lebih lanjut masih perlu dilakukan untuk mengetahui efeknya jika diterapkan pada manusia.
Demikian artikel kami tentang manfaat brokoli kami sajikan agar masyarakat jangan keliru menfasirkan bahwa Brokoli bisa mengobati Diabetes.
Sekilas info ,semoga bermanfaat.
RobertoNews 1461 《21.6.22(08.00)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait