Babinsa Serda Agung Sang Pelopor Kerupuk Lintas Pantura

  • Whatsapp
Babinsa Desa Kramat Serda Agung R, saat melakukan penjemuran kerupuk di desa binaannya. (Ft. Abd)

GRESIK, beritalima.com – Kerupuk merupakan camilan khas populer sejak zaman dulu. Sebagai camilan khas yang diminati secara turun temurun ini menggugah Bintara Pembina Desa (Babinsa) Kramat, Koramil 0817/11 Kecamatan Duduksampeyan, Kabupaten Gresik, Sersan Dua (Serda) Agung R untuk terpanggil memberikan pembinaan kepada warga. Salah satu pengolahan kerupuk binaan sang tentara jebolan pasukan Kostrad ini adalah kerupuk Najjah. Kerupuk merk Najjah ini sudah memiliki hak paten dan kini berkembang pesat di daerah lintas Pantura.

Kerupuk Najjah lintas Pantura, asli olahan dari Desa Kramat. Desa Kramat ini jauh dari hingar bingar keramaian banyak aktifitas orang. Meski begitu, desa ini dikenal luas lantaran menjadi sentra kerupuk yang dibawah binaan langsung oleh Babinsa Serda Agung R.

Kerupuk asal daerah Kramat ini diakui oleh Babinsa Serda Agung R, terbuat dari bahan baku ikan bandeng, ikan gabus dan ada pula dari udang. Cita rasanya yang berbeda-beda. Dari rasanya yang gurih, membuat kerupuk ini tak pernah absen dari even-even bergengsi yang ada di kabupaten. Kelebihan lain dimiliki kerupuk binaan sang prajurit baret hijau ini, adalah harganya yang ekonomis. Bisa dijangkau semua kalangan.

“Yang bisa kita ambil hikmah dibalik kerupuk ini, karena selain bisa membantu perekonomian masyarakat, kita sebagai tentara bisa jauh lebih dekat dengan masyarakat. Sehingga antara tentara dengan rakyat tidak ada jurang pemisah,” cerita Serda Agung R.

Oleh karena itu, satu kerupuk selain bisa membuat goyang lidah bagi yang menikmatinya, juga menumbuh kembangkan ekonomi kerakyatan melalui pendekatan antara rakyat dengan tentata khususnya Babinsa. Terlebih cara memmbuat Kerupuk Ikan ini relatif mudah dan tidak membutuhkan banyak modal. Hal ini menjadikan bisnis kerupuk ikan sangat cocok untuk dirintis oleh pengusaha kecil maupun besar di Indonesia.

Terutama di daerah Kramat, cocok dikembangkam mengingat daerah ini terdapat banyak tambat ikan.

Memulai bisnis olahan hasil tambak berupa kerupuk ikan tambak dapat diawali dari teknik membuat adonan kerupuk, mengetahui alat – alat yang diperlukan, dan bahan-bahan yang digunakan. Dan untuk membantu anda dalam mengembangkan usaha kerupuk ikan, dibawah ini kami sajikan 3 macam kerupuk ikan yang populer di masyarakat Kramat yakni kerupuk ikan bandeng, kerupuk ikan gabus dan kerupuk udang. (Abd)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *