Bamsoet: Tunjukkan Kepada Dunia Indonesia Bangsa Besar dan B

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo bangga menyulutkan api obor Asian Games 2018 ke kaldron di komplek Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK), Denpasar, Bali, Selasa (24/7) petang.

Api gabungan yang diambil darii New Delhi, India dengan Merapen, Jawa Tengah tersebut tidak ubahnya seperti menunjukan semangat bangsa Indonesia dalam menyelenggarakan pesta olahraga akbar se-Asia yang dilangsungkan di Jakarta dan Palembang, 18 Agustus – 2 September mendatang.

Limapuluh enam tahun lalu, Presiden Soekarno berani membawa Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games. Dengan segala keterbatasan karena baru merdeka, kita berhasil memberikan yang terbaik bahkan bisa menempati posisi kedua.

“Kini kita kembali menjadi host Asian Games. Mari doakan dan dukung atlet-atlet kita, sehingga bisa menempati posisi teratas,” ujar Bamsoet saat torch relay api obor Asian Games di GWK, Denpasar, Bali.

Keterangan tertulis Humas DPR RI yang diterima awak media menyebutkan, hadir dalam acara itu antara lain Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrowi, Bupati Karangasem Gusti Ayu Mas Sumatri, Ketua INASGOC Erick Tohir dan Ketua KONI Bali Ketut Suwandi.

Sedangkan Bambang Soesatyo ditemani sejumlah anggota DPR RI, antara lain Masinton Pasaribu, Muslim Ayub, Aboe Bakar Alhabsyi, Nasir Djamil, Taufiqulhadi dan Ahmad Sahroni.

Usai menyalakan obor dari tungku api abadi, obor Asian Games diserahkan kepada mantan pebulutangkis nasional, Sonny Dwi Kuncoro di atas panggung berlatar monumen raksasa GWK.

Politisi senior Partai Golkar itu menyerahkan pula penghargaan plus dana pembinaan untuk induk organisasi tiga cabang olahraga yang diharapkan menjadi ujung tombak kekuatan Indonesia di Asian Games 2018.

“Mari kita tunjukan kepada dunia Indonesia adalah bangsa yang bukan hanya besar penduduk dan wilayahnya saja, melainkan juga besar semangat keberanian dan peradabannya. Kita akan buktikan bangsa Indonesia mampu mensukseskan Asian Games 2018 sebagai pesta multi event terbesar setelah Olimpiade,” tegas Bamsoet.

Wakil rakyat dari Dapil Provinsi Jawa Tengah tersebut menerangkan, bangsa Indonesia telah menunjukan keberanian dalam menyambut tawaran Dewan Olimpiade Asia untuk menggantikan Hanoi, Vietnam yang tidak sanggup menyelenggarakan Asian Games 2018.

Sejak 2015, berbagai pembangunan gelanggang dan fasilitas penunjang dikebut secara simultan di Jakarta dan Palembang. Hasilnya sungguh luar biasa.

“Selain semangat keberanian, sebagai tuan rumah kita juga harus menunjukan semangat peradaban. Mari sambut para atlet, official, maupun supporter dari berbagai negara yang hadir dengan penuh keramahan. Tunjukan kepada bangsa-bangsa Asia nilai luhur kekayaan seni budaya bangsa kita,” terang Bamsoet.

Selain menunjukan besarnya semangat keberanian dan peradaban yang dimiliki Bangsa Indonesia, Bamsoet juga ingin mempromosikan Asian Games 2018 sebagai ajang mempererat persaudaraan antar bangsa-bangsa di Asia.

Melalui berbagai pertandingan cabang olahraga, diharapkan bisa saling menghormati dan bisa lebih mempekokoh hubungan satu negara dengan negara lain.

“Yang perlu dikedepankan bukan hanya sekadar juara, menang atau kalah melainkan menjunjung tinggi sportifitas serta meningkatkan rasa persaudaraan, sehingga pada akhirnya bisa mendukung upaya menciptakan perdamaian dari Asia untuk dunia,” harap Bamsoet.

Ketua Badan Bela Negara Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan Indonesia (FKPPI) ini juga mengajak Pemda dan masyarakat dapat memanfaatkan Asian Games 2018, bukan sekadar perhelatan olahraga saja tetapi juga dimanfaatkan untuk ajang promosi berbagai potensi daerah, sekaligus sebagai alat membangun karakter dan identitas bangsa.

Jika berbagai kejadian di tahun politik ini berimbas kepada terciptanya jarak diantara kita, jadikanlah momentum Asian Games 2018 sebagai perekat kembali persaudaraan sebagai sesama anak bangsa. Jangan biarkan merah putih terkoyak.

“Mari kita bergandengan tangan mensukseskan penyelenggaraan Asian Games sebagai kebanggaan nasional,” demikian Bambang Soesatyo. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *