Bamsoet: Usut dan Tindak Pelaku Pungli Bansos Covid-19

  • Whatsapp

JAKARTA, Beritalima.com– Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) geram dengan ditemukannya pungutan liar (pungli) pembagian bantuan sosial (bansos) dan Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) buat warga terdampak virus Corona (Covid-19).

Karena itu, politisi senior Partai Golkar ini meminta Kementerian Sosial (Kemensos) segera menindaklanjutinya dengan melaporkannya kepada pihak kepolisian guna mengungkap latar belakang dan mengusut tuntas ada pungli bansos.

“Kasus ini harus diungkap dengan tuntas dan oknum yang diduga terlibat dapat segera ditindak,” tegas wakil rakyat dari Dapil VII Provinsi Jawa Tengah tersebut dalam pernyataannya, Jumat (30/7).

Bamsoet meminta aparat meningkatkan pengawasan terhadap petugas atau panitia penyaluran dana Bantuan Sosial Tunai (BST) serta Program Keluarga Harapan (PKH) ataupun BPNT, agar penyalurannya tepat sasaran dan bisa bermanfaat. Disamping itu, bisa mencegah pungli maupun penyelewengan dana bansos oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Bamsot juga meminta komitmen Kemensos untuk memastikan bantuan-bantuan sosial bagi masyarakat terdampak Covid-19 sesuai dengan data penerima bansos dan diterima secara penuh, disamping terus berupaya mengantisipasi ataupun mencegah terjadinya pungli atau penyelewengan.

“Kepada warga penerima PKH saya minta untuk dapat mengecek ulang bantuan yang diberikan serta melaporkan kepada aparat petugas atau kepolisian apabila terdapat pemotongan atau tidak menerima secara penuh, agar aparat dapat menelusuri dan menindaklanjuti aduan tersebut,” demikian Bambang Soesatyo. (akhir)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait