Bantu Gencarkan Pemasaran Produk UMKM, Gus Ipin dan Istri Gunakan Medsos

  • Whatsapp

TRENGGALEK, beritalima.com –

Upaya nyata Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek, dalam membantu setiap UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di daerahnya terus digencarkan. Seluruh potensi yang mampu meningkatkan promosi dan pemasaran produk usaha di maksimalkan, termasuk melalui sarana media sosial (medsos).

Mewujudkan itu, seluruh jajaran dan unsur dilingkup Pemkab Trenggalek pun turut membantu secara massif. Bahkan, bupati beserta istri juga tanpa sungkan ikut mempromosikan produk-produk UMKM warganya. Dengan memanfaatkan akun instagram mereka, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin dan istrinya, Novita Hardini rutin melakukan ‘endorse (promosi)’.

“Kami bantu ‘endorse’ lewat medsos. Diharapkan, endorsement ini bisa lebih efektif membantu promosikan produk UMKM. Mengingat, rata-rata masyarakat menggunakan medsos,” ungkap Gus Ipin, sapaan akrab bupati muda tersebut, Senin.

Tak hanya itu, melalui akun instagram istrinya (Novita Hardini) yang kebetulan mantan model dan memiliki pengikut (follower) cukup besar, juga akan dilakukan hal serupa dengan program “endorsemen Bu Novita” (e-bun). Warga yang ingin mengaksesnya, dapat berkunjung ke Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan (Diskomidag) Trenggalek atau berkonsultasi di kantor kecamatan masing-masing.

“Masyarakat cukup menanyakan program e -bun ini beserta cara mendaftarnya. Kalau sudah terdaftar tentunya akan bisa dieksekusi segera, ” imbuhnya.

Jadi, masih kata Gus Ipin, untuk visualnya nanti, selain dia berfoto bareng di HP para pelaku UMKM sekaligus akan dipajang pula di toko masing-masing. Kemudian lagi, di bantu untuk upload pada akun Bupati dan e-katalog Pemkab Trenggalek.
Sedangkan dari kelembagaan, promosi juga dilakukan di akun instagram serta kanal youtube milik Diskominfo Trenggalek.

“Melalui media sosial saya dan akun e-katalog Trenggalek akan memposting produk-produk mereka sebagai bentuk sarana kita memasarkan UMKM dengan cara lebih mendetail lagi,” jelas Gus Ipin.

Untuk ‘endorse’ ini, tambahnya, benar-benar gratis bagi pelaku UMKM yang ada di Trenggalek. Disosialisasikan pula dalam kegiatan ‘Mening Deh’ yakni sebuah terobosan pendekatan pelayanan secara umum dengan mendatangi masyarakat hingga tingkat desa itu dilakukan untuk mendekatkan pelayanan.

“Ini sebagai bentuk ikhtiar kita dalam memberikan pelayanan sedekat mungkin kepada masyarakat, khususnya bagi para pelaku UMKM. Selain itu, promosi yang tepat juga punya andil besar dalam pemasaran sebuah produk,” pungkas dia. (her)

beritalima.com

Pos terkait