Batu Nisan Makam Mandalika Bisa Berubah Arah Menurut Naga Tahun

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Nama makam Mandalika yang terletak di Kelurahan Demangan, Kecamatan Taman, Kota Madiun, Jawa Timur, sudah tak asing lagi bagi kalangan spiritualis Madiun dan sekitarnya.

Makam tua ini, tepatnya berada di utara jembatan Catur, yang merupakan perbatasan antara wilayah Kota Madiun dengan Kabupaten Madiun.

Yang unik, pada makam yang berada disisi timur pemakaman umum ini, batu nisannya hanya satu buah. Karena itu, tidak jelas mana bagian kepala/atas, mana bagian kaki/bawah.

Menurut salah satu warga setempat, Mbah No, batu nisan makam Mondoliko dapat berubah arah menurut Naga Tahun.

“Jika Naga Tahun berada di utara, maka batu nisannya juga menghadap ke utara. Itu bisa dilihat dari tulisan yang ada di batu nisan. Begitu juga jika Naga Tahun berada di selatan, maka batu nisannya juga menghadap ke selatan,” terang Mbah No, Selasa 13 Agustus 2019.

Karena itu, lanjutnya, bagi sebagian warga setempat yang percaya dengan adanya Naga Tahun, jika hendak melakukan hal hal yang penting, melihat dulu arah batu nisan makam Mandalika.

Apa itu Naga Tahun? Arah Naga Tahun ada yang percaya dan dipakai bagi orang yang akan bepergian penting, mencari rejeki memindahkan rumah dan lain hal yang krusial.

Dalam Naga Tahun, banyak pantangan-pantangan yang harus dimengerti agar tidak melanggar karena jika dilanggar akan membahayakan dirinya maupun anggota keluarganya serta pengaruh dalam kehidupan.

Naga Tahun yang terdiri dari masa tiga bulan tiap-tiap masa dan kemudian beralih tempat, perputarannya yakni, bulan Zulhijjah, Muharram, dan Safar. Pada bulan tersebut, Naga Tahun berada di sebelah utara. Artinya, jika hendak bepergian disarankan untuk menuju utara jangan melawan ke arah, misalnya ke selatan.

Kedua, bulan Rabiul Awal, Rabiul Akhir, dan Jumadil Awal. Pada bulan tersebut, Naga Tahun berada di sebelah timur. Maka jika hendak mencari rejeki sebaiknya kearah timur atau jangan ke arah barat. Karena bisa sial atau sia-sia usahanya.

Ketiga, bulan Jumadil Akhir, Rajab dan Ruwah (Syaban). Pada bulan tersebut, Naga Tahun berada di sebelah selatan. Oleh karena itu, jika hendak berdagang atau bepergian ke arah selatan.

Keempat, bulan Ramadhan, Syawal dan Dzul Qaidah (Selo). Pada bulan tersebut, Naga Tahun berada di sebelah barat. Karena itu, jika hendak mendirikan rumah sebaiknya menghadap barat karena akan mendatangkan rejeki bagi yang menghuninya.

Untuk diketahui, Naga Tahun merupakan hitungan berdasarkan bulan berdasarkan tahun hijriah. Percaya? Betul tidaknya, Wallahu a’lam. (Dibyo).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *