Bawaslu Touna Gelar Bimtek Panitia Pengawas Pemilu di Kecamatan Ulu bongka

  • Whatsapp

Touna – Ketua dan Anggota Badan Pengawas Pemllihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tojo Una-Una, Abas dan Leming hadiri Bimbingan Teknis Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kelurahan/Desa Se- Kecamatan Ulubongka di Aula Desa Bonevoto. Selasa, (14/3/2023).

Kegiatan yang dimulai sekitar pukul 10.00 Wita tersebut, Panwaslu Kecamatan Ulubongka mengambil tema penguatan kapasitas pengawasan untuk memberi bekal kepada masing-masing Pengawas Kelurahan/Desa untuk mengawasi tahapan pemilu 2024.

Ketua Bawaslu Kabupaten Tojo Una-Una, Abas menjelaskan bahwa Pengawas/Kelurahan Desa mesti mempersiapkan diri dalam mengawal tahapan pemilu, apalagi hari ini terakhir tahapan masa coklit, sebelum ditetapkannya Daftar Pemilih Sementara (DPS).

“Jadi laporan keseluruhan hasil pengawasan selama proses coklit di masing-masing desa pastikan sudah sampai ke kecamatan, sebelum ditetapkannya sebagai DPS”. Ujarnya

Abas juga menjelaskan pentingnya masing-masing PKD agar segera melaporkan dugaan pelanggaran kepada Panwaslu Kecamatan jika menemukan atau mendapat informasi dugaan pelanggaran tersebut.

“Kalau ada dugaan pelanggaran dalam tahapan pemilu, segera berkoordinasi ke kecamatan”. Tambahnya

Sementara itu, Koordinator Anggota Bawaslu Kabupaten Tojo Una-Una, Leming juga memberikan penguatan kepada bahwa secara teknis di kelurahan/desa, PKD merupakan garda terdepan pengawas pemilu untuk melaksanakan tugas pengawasan, sehingga bimbingan teknis adalah upaya kita untuk memberikan pemahaman dalam menjalankan tugas dan fungsinya.

“Karena ini bimtek untuk membekali teman-teman pkd, maka secara teknis harus dibekali mekanisme pengawasan, namun tetap berkoordinasi dengan kecamatan”. Tutupnya.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait