Belum Dilantik La Nyala Sudah Usulkan Tiga Jurus Menuju Senayan

  • Whatsapp
Jpeg

JAKARTA, beritalima.com – Hadir AA La Nyala Mahmud Mattalitti, anggota DPD RI terpilih dari Dapil Provinsi Jawa Timur berbuka puasa bersama di kediaman Oesman Sapta Odang Ketua DPD RI, Selasa (38/5/2019) Jalan Karang Asem Utara, Jakarta Selatan.

Selain AA La Nyala Mahmud Mattalitti yang hadir, hadir pula Wakil Ketua dan anggota DPD RI baik yang masih menjabat maupun yang baru saja terpilih untuk periode 2019 – 2024. Begitu juga karyawan sekretariat DPD RI dan insan pers turut menghadiri.

Hal menarik buat La Nyala, belum dilantik dan belum menjabat DPD RI di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta. Sudah mengusulkan tiga jurus menuju DPD RI yang kuat dan bermartabat. Apalagi menurutnya, semangat lahirnya DPD RI adalah marwah perubahan dari sistem monokameral menjadi bikameral. Dimana DPR mewakili partai politik dan DPD mewakili kepentingan daerah, sehingga diharapkan dapat saling melakukan mekanisme check and balances.

Tiga jurus itu diantaranya adalah, pertama mendorong kembali semangat untuk memperjuangkan Amandemen Kelima Konstitusi yang sudah digagas sejak tahun 2015 silam oleh para senator. Alasannya untuk memperkuat peran dan fungsi DPD RI. Kedua, DPD harus banyak membuat kaukus berdasarkan topik atau isu yang dapat disuarakan, orientasinya bermuatan kepentingan daerah.

“Ketiga, mengingat salah satu kewajiban anggota DPD RI, adalah menyerap, menghimpun, menampung, dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat dan daerah. Maka orientasi kepentingan Daerah Pemilihan dari masing – masing anggota menjadi tolak ukur kinerja dalam fungsi refresentasi,” lanjutnya. ddm

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *