Bendera Merah Putih Sobek, Babinsa Kodim 0816 Sidoarjo Langsung Mengganti

  • Whatsapp

SIDOARJO, beritalima.om – Seperti adanya pemberitaan sebelumnya disalah satu media online, Selasa/03/7/2018, tentang Bendera Merah Putih Usang dan Robek masih berkibar di Sidoarjo. Pada hari Rabu/04/7/2018 bendera tersebut langsung mendapat tanggapan dan sudah diganti dengan bendera yang terbaru oleh Personel Babinsa Koramil 0816/01 Sidoarjo.

Keprihatinan masyarakat tentang bendera merah putih yang sudah usang dan robek yang masih terpapang dibekas eks markas Kodim 0816 Sidoarjo di Jl. A Yani Sidoarjo mendapat perhatian khusus oleh Babinsa Koramil 0816/01 Sidoarjo.

Serda Edi Hermawan sebagai anggota Babinsa Kel Magersari dan Serka Muhlis anggota Babinsa Desa Suko merasa terpangil untuk segera mengantikan bendera tersebut dengan bendera yang baru.

Bendera Merah putih yang sudah usang tersebut diturunkan dan dinaikkan oleh Hendra umur 22 tahun pekerjaan Wiraswasta yang didampingi oleh Babinsa. Karena bendera Merah Putih merupakan bendera kehormatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dan menghormati jasa para pahlawan dalam merebut kemerdekaan dari penjajah.

Menurut keterangan Serda Edi selaku Babinsa Kel Magersari mengatakan, bahwa berita bendera merah putih yang berkibar dibekas/eks Markas Kodim 0816 Sidoarjo Jl. A.Yani itu memang benar ada.

” Tetapi itu bukan Markas Kodim 0816 Sidoarjo lagi, melainkan Markas Eks/Bekas Kodim 0816 Sidoarjo. Karena Markas Kodim 0816 Sidoarjo sejak tahun 2011 sudah pindah ke Jalan Raya Lingkar Timur Ds. Kemiri Kab. Sidoarjo,” ungkapnya pada wartawan, Rabu (4/7).

Sedangkan lahan Eks Markas Kodim 0816 Sidoarjo yang berada di Jl. A Yani Sidoarjo sejak tahun 2011 sudah diserahkan kepada pengelola dari pihak swasta.

Sementara Komandan Kodim (Dandim) 0816 Sidoarjo Letkol Inf Fadli Mulyono, S.I.P menjelaskan, bahwa kejadian yang sudah diberitakan tentang bendera yang sudah usang dan robek di eks/bekas Markas Kodim 0816 Sidoarjo sudah dilakukan tindakan.

Meskipun bangunan tersebut bukan lagi menjadi aset TNI yang pengelolaannya sudah di pegang oleh pihak swasta. Tetapi sebagai anggota TNI secara moral kita terpangil untuk menggantikan bendera tersebut.

“Untuk pengelola kita berikan edukasi tentang perlunya menghargai bendera merah putih. Karena untuk memperjuangkannya, para Pahlawan sudah mengorbankan jiwa dan raga,” tegas Dandim.

Terpisah, sebagai penjaga gedung tersebut, Didik Purwanto yang juga selaku Ketua Umum LSM Persatuan Arek Sidoarjo (PAS) megatakan, bahwa gedung di Jl. Ahmad Yani Sidoarjo sudah lama kosong dan menjadi gedung tua. Dan tidak lagi dipergunakan sebagai Markas Komando Distrik Militer (Makodim) 0816 Sidoarjo.

Yang sangat disesalkan, Didik juga menuturkan, sebelumnya penulis juga tidak mengkonfirmasi terlebih dahulu kepada penjaga maupun pihak Kodim. Di situ menunjukan mereka tidak mengetahui histori dan sejarah terpasangnya bendera di atas gedung tersebut.

“Kami sudah mempersiapkan bendera yang ketiga. Untuk bendera yang usang dan robek itu bendera kedua. Selama gedung sudah tidak dipergunakan sebagai Makodim, tidak ada yang peduli memasang bendera di gedung tersebut.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *