Bendungan 37 di Perbaungan Jebol, 800 Hektar Sawah Terancam Gagal Tanam 

  • Whatsapp

Bendungan 37, Dusun II, Desa Lubuk Cemara, kecamatan Perbaungan, Sergai jebol. (sug)


Serdang Bedagai, beritalima.com- Jebolnya Bendungan 37, Dusun II, desa Lubuk Camara di Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara pada Rabu (3/5/2017) dini hari , Sekitar pukul 15:00 wib, diprediksi bakal  membuat sawah seluas 800 hektar lebih gagal tanam.

Pasalnya, Bendungan 37 Lubuk Cemara, Kecamatan Perbaungan merupakan satu satunya penyedia air bagi total 800 hektar lebih  sawah yang  menuju dua  kecamatan Pantai Cermin, dan Perbaungan yang berimbas 6 desa dua kecamatan di lokasi tersebut terancam gagal tanam.

“Dari terimbasnya bendungan tersebut bisa mengakibatkan 800 hektar lebih sawah gagal tanam untuk mengaliri 6 desa dua kecamatan. Dari imbasnya bendungan jebol tersebut yakni di Desa Terjun, Desa Ara Payung, Desa Kuala Lama, Desa Sementara merupakan di kecamatan Pantai Cermin sedangkan untuk kecamatan perbaungan terimbas dua desa  yakni Desa lubuk Cemara dan Desa Pematang Sejonam, Namun Penyebabnya belum kita ketahui,” kata Kades Ara Payung Ahmad Alhadi kepada Beritalimacom melalui via telepon.

Kades menambahkan bangunan bendungan tersebut sudah cukup lama sekitar hampir puluhan tahun, bangunan tersebut merupakan bangunan milik Propinsi Sumut.

“Namun pihak propinsi dan pemkab Sergai sudah kita berikan informasinya, dan rencana besok dari propinsi akan turun kelokasi,” ujarnya.

Alhadi melanjutkanya, sumber saluran bendungan yang jebol tersebut itu merupakan saluran dari Pulau Gambar dan Tualang merupakan saluran yang sama. Dan rencana besok seluruh warga kecamatan pantai Cermin dan kecamatan Perbaungan akan melakukan gotong royong untuk melakukan perbaikan sementara.

“Karna bendungan 37 lubuk cemara itu merupakan bendungan utama bagi masyarakat  sekitar apalagi ini, waktunya bercocok tanam jadi kalau tidak cepat di perbaiki akan bisa gagal tanam,” pungkasnya. (sug)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *