Berangkatkan Bantuan Kemanusiaan untuk NTT, Cak Eri Ucapkan Terima Kasih kepada Lantamal V

  • Whatsapp

SURABAYA, Beritalima.com| Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyerahkan Bantuan Kemanusiaan Bencana Alam untuk Nusa Tenggara Timur (NTT) di Dermaga Madura, Mako Koarmada II, Lantamal V, Jalan Sarwajala (Jala Jaya) No 2, Ujung, Semampir Surabaya, Sabtu (10/4/2021).

Pada kesempatan itu, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi disambut hangat oleh Inspektur (Ir) Koarmada II Laksamana Pertama TNI Arief Muchtarom, Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) V, Laksamana Pertama TNI Mohamad Zaenal, Komandan Kodikdukum Laksamana TNI Budi Raharjo dan Wadan Puspenerbal Laksamana Pertama TNI Sisyani Jaffar serta para tamu undangan dari berbagai kalangan yang turut memberikan bantuan.

Bantuan tersebut diberangkatkan menggunakan KRI Semarang 594 dengan total yang terkumpul sebanyak 37 truk. Dari 37 truk itu, 15 truk diantaranya terdiri dari warga melalui Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Sedangkan 22 truknya lainnya merupakan bantuan dari berbagai kalangan serta keluarga besar TNI Angkatan Laut.

Setelah menyerahkan bantuan secara simbolis, Wali Kota Eri Cahyadi bersama rombongan langsung meninjau masuk ke dalam KRI Semarang 594. Di lokasi itu, dia pun ikut membantu membantu petugas memasukkan kardus ke dalam kapal.

Wali Kota Eri Cahyadi mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Panglima AL Armada II melalui Danlantamal V. Karenanya, masyarakat Kota Pahlawan dapat menyalurkan bantuan untuk saudara-saudara yang tertimpa musibah bencana alam di NTT.

“Kami atas nama warga dan pemerintah sangat berterima kasih. Waktu itu kami sempat bingung bagaimana cara mengirimkan. Alhamdulillah, sekarang ada kemudahan,” kata Cak Eri seusai peninjauan.

Cak Eri menjelaskan, jumlah bantuan yang dikirim terdiri dari 6 ribu dus mie instan dan 2.400 biskuit. Tidak hanya kebutuhan pokok saja, dia memastikan juga mengirim 10 psikolog untuk membantu mengatasi rasa trauma warga yang tertimpa bencana.

“Kami kirimkan psikolog agar warga terutama anak-anak dapat lebih tenang dan percaya diri dalam melewati masa sulit ini,”urainya.

Sementara itu, Ir Koarmada II Laksamana Pertama TNI Arief Muchtarom juga berterima kasih atas keterlibatan seluruh komponen hingga hari ini sebanyak 37 truk diberangkatkan ke NTT. Dia pun mengurai, sebelum tiba di Dermaga Madura, KRI Semarang 594 sejak dua hari lalu sudah berada di Jakarta membawa bantuan. “Nah dari Dermaga Madura ini kita berangkatkan sama-sama ke NTT,” ungkapnya.

Bahkan, di momen ini, Ir Koarmada II Laksamana Pertama TNI Arief Muchtarom menambahkan, keberangkatan bantuan untuk korban bencana alam di NTT sudah kedua kalinya. Sebelumnya tepat pada Senin (5/4/2021) lalu. “Jadi ini sudah kedua kalinya. Dan keberangkatan yang pertama sekarang sudah tiba di NTT. Semoga keberangkatan yang kedua ini selamat sampai tujuan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Administrasi Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkot Surabaya Kanti Budiarti menambahkan, sebelumnya, Pemkot Surabaya telah mengirimkan bantuan untuk Nusa Tenggara Barat (NTB) yang diberangkatkan kemarin, Jumat (10/4/2021) di dua kabupaten. Diantaranya yakni Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu,” pungkasnya. (*)

Pos terkait