Berdayakan UMKM Bobocabin Padusan, Bobobox Beri Pelatihan Pengembangan Usaha

  • Whatsapp

MOJOKERTO, beritalima.com | Menyadari pentingnya peran UMKM dalam industri pariwisata, Bobobox membangun program BobLokal yang memberikan wadah pengembangan usaha lokal setempat, sekaligus memberikan pelatihan dasar literasi dan pencatatan keuangan usaha.

Dengan menggandeng Bank Indonesia sebagai partner strategis yang memberikan pengetahuan dan pelatihan tersebut, Bobobox menggelar kegiatan ini di Bobocabin Padusan, Mojokerto, Jawa Timur, Selasa (14/3/2023).

Pelatihan dasar literasi dan pencatatan keuangan usaha melalui aplikasi SIAPIK ini memberikan informasi mendetail kepada UMKM lokal untuk dapat mengaplikasikan metode pengelolaan keuangan dan proses pembukuan sederhana yang dapat menunjang operasional usaha sehari-hari.

Sekitar 30 pelaku UMKM sekitar area Bobocabin Padusan Mojokerto mengikuti pelatihan ini. Senior Manager CEO Office Bobobox, Adistyana Damaranti mengatakan, sejalan dengan visi memberikan manfaat bagi bisnis sekitar, Bobobox berupaya memberdayakan bisnis ultra mikro dan UMKM di sekitar area usahanya.

Adis – panggilan akrabnya – juga mengatakan, tidak hanya berhenti di pelatihan saja, inisiatif ini juga akan dilengkapi dengan penyertaan profil dan kontak usaha lokal dalam booklet yang tersedia di setiap kamar cabin yang dapat diakses oleh tamu.

“Dengan demikian Bobocabin dapat turut memfasilitasi UMKM untuk mempromosikan usahanya menjangkau pasar yang lebih luas,” tandas ia dengan didampingi Amalia Winarso, Corporate Communication Manager Bobobox.

Tidak hanya itu, inisiatif ini juga akan diaplikasikan ke cabang Bobocabin lainnya di Indonesia secara bertahap sebagai bagian dari program berkelanjutan yang mendorong dampak baik Bobobox bagi sekitar.

“Kami berharap melalui program BobLokal ini, Bobocabin mampu lebih menyertakan dan memberdayakan usaha lokal di sekitar area akomodasi. Kami juga berkomitmen untuk melakukan ekspansi program ke area operasional Bobocabin di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Disampaikan pula, Bobobox merupakan perusahaan startup akomodasi berbasis teknologi yang didirikan di Bandung pada tahun 2018. Bobobox bermisi menjadi perusahaan gaya hidup yang relevan serta menyediakan pengalaman tidur dan beristirahat yang berkesan melalui inovasi teknologi, desain modular ramah lingkungan dan pelayanan yang prima.

Saat ini, Bobobox memiliki lebih dari 1.400 kamar tersebar di 24 lokasi di Indonesia. Saat ini Bobobox memiliki dua akomodasi unggulan, yaitu Bobobox Hotel Kapsul dan Bobocabin, salah satunya Bobocabin Padusan Mojokerto.

Berbeda dengan Bobobox Hotel yang sudah lebih banyak dikenal oleh publik, Bobocabin merupakan hotel kabin berbasis teknologi IoT yang menyatu dengan alam, menawarkan pengalaman beristirahat di tengah suasana hijau yang unik.

Sejak awal berdiri, Bobobox konsisten dengan nilai memberdayakan dan berkembang bersama komunitas lokal, termasuk melalui kehadiran Bobocabin. Untuk membangun ekosistem pariwisata yang memberikan dampak positif yang lebih luas, Bobocabin bekerja sama dengan usaha setempat untuk menyediakan makanan, minuman dan aktivitas yang dapat dinikmati oleh turis yang menginap.

Strategi Bobocabin mengajak usaha lokal sekitar dalam penyediaan pelayanan bertujuan untuk memberdayakan masyarakat setempat dan memberikan pengalaman berlibur yang lebih menyeluruh bagi tamu.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Mojokerto, Abdulloh Muchtar, mengapresiasi inisiatif pengembangan UMKM Bobocabin ini. Dia juga menyatakan optimis terhadap potensi usaha lokal di Mojokerto ”UMKM punya peran dan kontribusi yang tinggi dalam kesejahteraan ekonomi di Kabupaten Mojokerto,” kata Muchtar saat memberikan sambutan di acara ini.

“Kolaborasi apik dan penggunaan teknologi yang tepat mampu membentuk peluang-peluang baru bagi bisnis lokal. Kolaborasi antara Bobocabin dan Bank Indonesia memberikan kesempatan bagi UMKM untuk belajar kemampuan baru yang dapat menjadi bekal pengembangan bisnis di masa yang akan datang,” pungkasnya. (Gan)

Teks Foto: Bobobox bersama BI Jatim dan para pelaku UMKM usai pelatihan pengembangan usaha di Bobocabin Padusan Mojokerto, Selasa (14/3/2023).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait