Berdayakan UMKM, GP Ansor Gresik Gelar Pasar Rakyat Dan Hiburan

  • Whatsapp

GRESIK,beritalima.com- Guna memulihkan perekonomian sektor Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pengurus Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Gresik membuat Pasar Rakyat dan Festival Santri 2022 di alun alun Sidayu.

Kegiatan yang direncanakan mulai 16 sampai 25 September 2022 ini menjual berbagai aneka produk. mulai dari kuliner, jajanan, kerajinan, busana hingga buah durian. Beragam hiburan juga turut memeriahkan pagelaran selama 10 hari penuh ke depan. Total ada 120 pedagang UMKM yang telah menempati stand, mereka datang dari berbagai wilayah kecamatan se-Kabupaten Gresik.

Ketua GP Ansor Gresik, Abdul Rokhim mengatakan, kegiatan ini merupakan langkah GP Ansor untuk memberdayakan perekonomian kalangan UMKM mengingat sektor UMKM sebelumnya sempat terpuruk karena pandemi Covid-19.

Selain itu, kata, Abdul Rohim, bahwa kegiatan tersebut juga dalam rangka menyambut Satu Abad NU dan Hari Santri Nasional (HSN) 2022.

“Pasar Rakyat dan Festival Santri 2022 ini sebagai ikhtiar kita menumbuhkan ekonomi pasca pandemi, bagaimana ekonomi masyarakat bisa kembali pulih. Selain itu juga dalam rangka menyambut Satu Abad NU dan Hari Santri Nasional (HSN) 2022,” ujarnya kepada wartawan.

Resepsi pembukaan ditandai dengan pemotongan tumpeng jajanan khas Sidayu oleh Ketua PCNU Gresik KH. Mulyadi, disaksikan meliputi Camat, Danramil, Kapolsek, dan kader-kader dari berbagai Badan Semi Otonom Nahdlatul Ulama (Banom NU) serta ratusan kader GP Ansor se-Gresik.

Rencana kegiatan ini juga akan diisi berbagai pementasan, utamanya gelar seni Islami dan pentas seni budaya Gresik.

“Banyak hal yang nantinya akan kita tampilkan dalam Pasar Rakyat dan Festival Santri 2022 ini, terutama di panggung utama,” kata Abdul Rokhim.

Sementara itu, Ketua Panitia Pasar Rakyat dan Festival Santri 2022, Muhammad Nadlim menuturkan, panggung utama akan diisi beragam pementasan dari Banom NU, pondok pesantren (Ponpes) dan grup shalawat. Juga dimeriahkan penampilan bintang tamu Shodiq dan Duo macan dengan format religi.

“Untuk bintang tamu nanti juga ada penampilan Shodiq dan Duo macan dengan format religi, juga ada pementasan shalawat, dialog dan banyak lagi,” tandasnya.

Selain itu, rangkaian pembukaan pasar rakyat dan festival santri dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional 2022 dan Satu Abad Nahdlatul Ulama juga diisi dengan launching Koperasi Ansor Gresik(*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait