Berseri, Kampung Elok Kelurahan Bangselok

  • Whatsapp
Program Kelurahan/ desa "Berseri" Kelurahan Bangselok Kecamatan kota Sumenep

SUMENEP, beritaLima – Sejumlah tim evaluasi desa Berseri Provinsi Jawa timur dan bakorwil Pamekasan didampingi oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sumenep, Madura Jawa Timur melakukan penilaian/verifikasi terhadap RT/RW yang ada di Kelurahan Bangselok, Kabupaten setempat, terkait Program Kelurahan Berseri  (bersih lestari) Kamis (11/04/ 2019).

Program Kelurahan / desa “Berseri” (bersih lestari) Kelurahan Bangselok kecamatan Kota Sumenep

Taufik Rachman, SH, Kepala Bidang Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup menjelaskan pada media ini, program Kelurahan dan desa Berseri merupakan bentuk implementasi dari Undang-Undang Nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup yang mengamanatkan bahwa wilayah NKRI harus dilindungi dari pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan hidup.

Kegiatan tersebut merupakan bentuk nyata upaya yang dilakukan pemerintah untuk pengendalian pencemaran dan/atau kerusakan lingkungan hidup dalam rangka pelestarian fungsi lingkungan hidup dengan memberdayakan peran serta dan kesadaran masyarakat.

“Merupakan kegiatan yang berkelanjutan, demi melestarikan lingkungan hidup, serta membiasakan pada warga untuk menciptakan lingkungan yang bersih, hijau dan asri,” ujarnya.

Dia juga menjelaskan, ada beberapa desa/kelurahan di Kabupaten Sumenep yang telah mengikuti Program Kampung Berseri diantaranya, adalah desa Kalimook, kelurahan Karangduak, desa Pangarangan, Pamolokan, Pandian dan Kelurahan Bangselok.

“Ada beberapa desa/kelurahan yang telah mengikuti program tersebut. Dan untuk Bangselok sendiri saat ini telah berpredikat Madya dan siap untuk naik pada tingkatan selanjutnya yaitu tingkat Mandiri,” tambahnya

Sementara Lurah Bangselok Kecamatan Kota Sumenep, Mohammad Fajar Hidayat, S.IP, MM, menyatakan bahwa Evaluasi kampung Berseri merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan dilaksanakan Pemerintah provinsi jawa timur melalui Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumenep.

Selain tampak bersih, asri dan indah dengan melaksanakan program “Berseri” (bersih lestari) akan memberikan nuansa kampung yang menarik dan sedap dipandang mata. Bahkan, orang luar yang kebetulan lewat akan merasa nyaman melewati Kampung Berhias.

Menurut Lurah termuda ini, Tentu saja, dengan program Kelurahan Berseri ini tidak hanya sekadar untuk meraih prestasi dalam lomba, namun yang terpenting dapat menumbuhkan semangat warga untuk semakin mencintai kampungnya, tambah Fajar sapaan akrabnya.

“Dengan Harapan semoga kebiasaan bebas sampah dan peduli lingkungan menjadi pola hidup dan kelurahan bangselok terlepas dari status kumuh” jelas mantan Ajudan Wakil bupati Sumenep ini.

Sementara Kelurahan bangselok yang diikutkan sebagai kampung Berseri tahun ini adalah, RW 1, RW 2 dan RW 4.

(An)

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *