Bhayangkari Cabang Malang Bagikan 100 Akta Kelahiran Gratis

  • Whatsapp

KABUPATEN MALANG, beritalima.com– Memperingati Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari Ke 66. Bhayangkari Cabang Malang melakukan sebuah terobosan di bidang sosial, dengan menyerahkan 100 akte kelahiran secara gratis bagi anak-anak yang belum mempunyai akte kelahiran dari kalangan masyarakat umum di wilayah Kabupaten Malang. Hal itu sebagai bentuk kepedulian Bhayangkari terhadap Hak Sipil anak.

“Penyerahan akte kelahiran tersebut disaksikan langsung oleh perwakilan dari Dinas kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil), Kabupaten Malang dan seluruh Pengurus Bhayangkari serta Binmas Polres Malang,” ungkap Ketua Bhayagkari Cabang Malang, Ny Tika Yade Setiawan Ujung, di Kantor Dispendukcapil Kabupaten Malang, Selasa 21/08.

Menurut Istri Kapolres Malang ini, akta kelahiran tersebut sudah mulai diurus sekitar sejak 2 bulan lalu. Dan ada sekira 100 akta yang dibuat secara kolektif yang bekerjasama dengan Dispendukcapil Kabupaten Malang serta Binmas Polres Malang.

“Akte Kelahiran sangat penting sebagai identitas seseorang, diharapkan dengan adanya pembuatan akta gratis ini dapat membantu hak anak secara hukum terkait persoalan identitas,” katanya.

Adanya akta sendiri, lanjut Tika bertujuan untuk mempermudah urusan-urusan yang memerlukan identitas seperti sekolah hingga bekerja kelak. Hal tersebut merupakan wujud kepedulian Pengurus Bhayangkari Cabang Malang dengan persoalan yang ada, dimana masih terdapat anak-anak yang belum memiliki akte kelahiran.

“Padahal, sebagaimana yang tertuang dalam Undang-undang No. 35 Tahun 2002 tentang perlindungan anak, yang menyebutkan Akte Kelahiran merupakan identitas seseorang setiap anak yang harus diberikan sejak kelahiran setiap anak,” tandasnya. (red/resma)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *