BI Jatim Ajak Santri Bumi Shalawat Cinta Rupiah

  • Whatsapp

SIDOARJO, beritalima.com | Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur kembali mengedukasi para santri Cinta Bangga dan Paham (CBP) Rupiah & Implementasi QRIS. Kali ini, Jumat (18/3/2022), di Pondok Pesantren Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo.

Deputi Kepala BI Jatim Bandoe Widiarto mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada santri Pondok Pesantren Progresif Bumi Shalawat mengenai CBP Rupiah.

Disampaikan, salah satu tugas Bank Indonesia adalah mengatur kelancaran sistem pembayaran di Indonesia, baik tunai maupun non tunai. Dalam memastikan kelancaran sistem pembayaran tersebut, Bank Indonesia berupaya menjaga kecukupan uang, memperluas peredaran uang rupiah, dan meningkatkan kualitas uang beredar di masyarakat.

“Untuk memastikan rupiah yang merupakan simbol kedaulatan bangsa dapat tersedia cukup di masyarakat, Bank Indonesia berupaya menumbuhkan rasa cinta, bangga dan paham rupiah pada masyarakat,” ungkap Bandoe.

“Melalui edukasi CBP Rupiah di Pondok Pesantren Bumi Sholawat ini kami mengajak masyarakat khususnya para santri untuk mencintai dan merawat rupiah, bangga pada rupiah sebagai simbol kedaulatan bangsa, dan memahami fungsi rupiah sebagai alat transaksi pembayaran,” terangnya.

“Dengan pengetahuan CBP rupiah, kami harap rupiah yang beredar di masyarakat tersedia dalam jumlah yang cukup dan dalam kondisi yang baik,” tambahnya.

Selain itu, BI juga mengedukasi para santri terkait layanan pembayaran non tunai. Ini dilakukan dalam rangka mewujudkan less cash society.

Melalui berbagai instrument yang ada seperti Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) dan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS), diharapkan transaksi non tunai dapat menjadi alternative pembayaran di masa pandemi untuk meminimalkan penyebaran Covud-19, serta membantu perekonomian agar terus berjalan di tengah berbagai pembatasan aktivitas interaksi.

Kegiatan ini juga dihadiri Pengasuh Pondok Pesantren Bumi Shalawat KH. Agus Ali Mashuri dan Pimpinan Yayasan Pondok Pesantren Bumi Shalawat KH. Arya Muhammad. Gus Ali menyampaikan terimakasih pada BI Jatim atas kunjungan dan edukasinya tentang CBP serta QRIS. (Gan)

Teks Foto: Deputi Kepala BI Jatim Bandoe Widiarto saat berkunjung di Pondok Pesantren Progresif Bumi Shalawat Sidoarjo, Jumat (18/3/2022).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait