BI Jatim Apresiasi UMKM FESyar Jawa 2021, Gus Ipul Hadir

  • Whatsapp

SURABAYA, beritalima.com | Tanpa ‘woro-woro’, Bank Indonesia (BI) Jawa Timur masih menambahi rangkaian acara FESyar Regional Jawa 2021 yang telah ditutup Sabtu (2/10/2021) sore kemarin. Acara tambahan ini digelar di Atrium Tunjungan Plaza 3 Surabaya, Minggu (3/10/2021).

Acara ini memang disebutkan sebagai rangkaian penutup kegiatan FESyar Regional Jawa 2021, Apresiasi UMKM FESyar Jawa 2021, dan Seruput Kopi untuk memperingati Hari Kopi Internasional. Dan yang hadir di acara ini di antaranya mantan Wagub Jatim yang kini jadi Wali Kota Pasuruan, Saifullah Yusuf alias Gus Ipul.

Selain Gus Ipul, ada Lia Zen selaku pemilik Workshop Coffee Brewing, ada Nahla Kofie sebagai perwakilan Hebitren Jawa Timur, ada petani dan prosesor Kopi Ledug, Kapiten dari Pasuruan, Kopi Wonosalam Jombang, Kopi Ketakasi Jember, dan Kopi Ijen Banyuwangi.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Budi Hanoto, mengatakan, seluruh rangkaian acara FESyar Jawa 2021 terselenggara dengan lancar dan baik. Untuk itu, lanjut dia, secara khusus ia ingin menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya pada seluruh UMKM se-Jawa yang telah berpatisipasi, baik yang virtual maupun offline.

Dia sebutkan, acara FESyar Jawa 2021 yang offline di Tunjungan Plaza 1 Surabaya mencatatkan transaksi penjualan produk UMKM sebesar Rp977.321.989,-. “Ini suatu pencapaian yang fantastis di era pemulihan ekonomi paska pandemi Covid-19,” ujarnya.

Lebih lanjut Budi menyampaikan, secara simbolis acara apresiasi dan pelepasan UMKM se-Jawa ini juga dibarengi dengan perayaan Hari Kopi Internasional. Hari Kopi adalah perayaan tahunan untuk menikmati minuman kopi sekaligus meningkatkan kepedulian terhadap petani kopi.

Hari Kopi pertama kali diperingati pada 1 Oktober 2015 oleh Organisasi Kopi Internasional di Milan. Saat ini, peringatan hari kopi bertujuan untuk mempromosikan kopi, menjadikan kopi sebagai komoditas unggulan yang berpeluang menjadi komoditi ekspor dunia serta menciptakan penguatan ekosistem usaha untuk meningkatkan kesejahteraan para petani kopi.

Gus Ipul mengapresiasi kegiatan workshop kopi pada hari ini sebagai simbol pergerakan ekonomi syariah serta mendorong sejarah kopi sebagai legacy dalam Peradaban Islam di Indonesia. (Gan)

Teks Foto: Budi Hanoto dan Gus Ipul serta pelaku UMKM di acara rangkaian penutupan FESyar Jawa 2021 di Surabaya, Minggu (3/10/2021).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait