Bikin Kesal Pengguna, Dekat Tower Tapi Sinyal Internet Lelet  

  • Whatsapp

KEPULAUN SULA,beritaLima,com || Sinyal jaringan seluler khususnya untuk kebutuhan data internet di dua Kecamatan, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) Maluku Utara tidak aktif, membuat pengguna mengeluh dan tidak nyaman menggunakan fasilitas ini.

Padahal didua Kecamatan yakni Kecamatan Mangoli Barat Desa Dofa, Desa Lekosula, dan Kecamatan Mangoli Utara Desa Falabisahaya, Desa Menaluli, Desa Modapohi, Desa Saniahaya dan Desa Modapiah, masing masing desa tersebut telah berdiri tinggi sebuah tower jaringan seluler yang menjulang tinggi.

” Sinyal data disini tidak ada sama sekali, kata warga di masing masing desa tersebut, ” jelas Ridwan kepada media ini, Senin (11/12/23)

Sinyal seluler kebutuhan telepon lumayan bisa digunakan setiap saat dan tidak pilih waktu, tapi kalau untuk internet tidak bisa sama sekali, ujarnya.

Beda kalau pengguna berada di dekat pantai atau di titik ujung dermaga, sinyal internetnya agak mendingan, tapi kalau diwilayah lain, aslinya tidak bisa sama sekali, katanya.

Dari hasil pengumpulan informasi Pewarta di dua Kecamatan ini secara umum sinyal seluler untuk kebutuhan data internet belum lancar secara merata. Hanya titik tertentu saja yang ada sinyalnya.

Terpantau, aktivitas internet warga kebanyakan memilih tempat-tempat nongkrong dan warkop yang menyediakan fasilitas wifi dan penguat sinyal data.

” Yang bikin heran karena tower ada di masing masing desa di dua kecamatan tersebut sinyalnya kuat diluar desa atau disekitar kantor Camat, bahkan penggunaan pribadi, Jika alasannya karena pengguna terlalu banyak, saya kira tidak masuk akal, pungkasnya.

Pengguna berharap agar kondisi ini dapat secepatnya mendapat perhatian pihak pemerintah dan lembaga terkait karena telah merugikan pembelian pulsa data.

Pantauan media, satu-satunya jaringan seluler yang tersedia di wilayah Kecamatan Pasimasunggu dan Pasimasunggu Timur adalah jaringan Telkomsel sehingga jika terjadi gangguan maka tidak ada lagi pilihan lain untuk kebutuhan informasi warganya.

Belum diketahui pasti penyebabnya jaringan seluler kebutuhan data di wilayah ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kepulauan Sula, Suryati Buamona saat dikonfirmasi melalui pesan Whats App..di..nomor 813-8034-xxxx,mengatakan, iya insa Allah secepatnya, kami kelapangan, ” singkatnya. [dn]

beritalima.com

Pos terkait