Bireuen Perlu Dibangun Monumen Perjuangan Bangsa

  • Whatsapp

Bireuen,Beritalima –  Ulama kharismatik Aceh Tgk H Muhammad Amin Mahmud yang akkrab disapa masyarakat Abu Tu Blang Bladeh berpesan kepada semua pihak dan kususnya Wali Nanggroe Aceh ke-9, Paduka Yang Mulia (PYM) Malik Mahmud Al-Haytar untuk membangun monumen Perjuangan Bangsa di Bireuen dan bukan membangun di daerah lain dalam wilayah Aceh.

        Harapan tersebut diungkapkan Abu Tu Blang Bladeh pada acara temuramah ( silaturrahmi ) antara para ulama, Pengurus Adat Aceh ( MAA) Kabupaten Bireuen, para tokoh Pendiri Bireuen dan berbagai elemen masyarakat di Pendopo Bupati Bireuen beberapa waktu lalu.
        Menurut Abu Tumin, di Bireuen memang harus dibuat Monumen Perjuangan Bangsa apalagi pada 1987 Bireuen dikukuhkan oleh salah satu pejuang Aceh Bustanil Arifin ketika beliau masih menjabat Ka Bulog.
        Bireuen , kata Abu Tumin Kota perjuangan yang penuh sejarah perjuangan bangsa dan salah satunya Pusat Devisi X yang merupakan gabungan resimen satu dan dua berpusat di Pendopo Bireuen pimpinan Kolonel Husein Yoesoef .
        Mereka dengan gigih memperjuang kemerdekaan bersama anggotanya dengan rela mati bahkan rela mengorbankan harta benda demi Indonesia Merdeka . Bahkan Radio satu-satunya yang menyiarkan kemerdekaan Indoesia adalah Radio Rimba Raya ,          Maka demi untuk tidak hilangnya sejarah perjuangan kemerdekaan RI Monumen Perjuangan bangsa harus sesegera mungkin dibangun di Aceh dan harus di Bireuen.
        Hal senada juga diungkapkan Yusri Abdullah tokoh masyarakat Bireuen..Beliau mengatakan bahwa Bireuen mempunyai nilai sejarah yang unik dan telah mengharumkan dalam memperjuangkan Kemerdekaan RI dengan berbagai versi, maka sejarah harus dikembangkan dan dilestarikan agar generasi penerus bangsa tidak akan lupa akan sejarah dan nilainya.
        Sebagai contoh, agar bangsa Indonesia mampu meningkatkan SDM-nya maka di Bireuen dibangun Normal School dan Al Muslim sebagai pusat kegiatan pendidikan satu-satunya yang ada di kala itu, sehingga masyarakat di Aceh cerdas akibat adanya pendidikan di Bireuen.
        Sementara Wali Nanggroe Aceh ke-9, Paduka Yang Mulia (PYM) Malik Mahmud Al-Haytar dalam kaitan tersebut menyebutkan,dirinya mendukung sepenuhnya dan sekaligus mengajak semua komponen masyarakat Aceh untuk mengembalikan kejayaan Aceh seperti di masa keemasan dulu.
        “Untuk mencapai tujuan ini, semua elemen masyarakat harus aktif dan kreatif dalam memperjuangkan demi bangsa Aceh yang disegani seantero bangsa di masa silam.” Harapnya.
        Menurut Malik Mahmud Al-Haytar Aceh memiliki kekayaan alam yang melimpah, dan hal itu harus dilakukan pengolahan secara baik sebab bila tidak diusahan pengolahannya secara baik,jujur dan kretaif semua itu akan sia-sia.
        “ Bila masyarakat tidak mau dan kreatif mengolah alam secara baik, anugerah Allah itu tidak bermanfaat bagi kita.” Ungkapnya seraya mengharapkan seluruh elemen harus kreatif demi kesejehateraan dari apa yang telah diangugerah Allah terhadap kita.
        Kunjungan Wali nanggroe ke-9 Paduka Yang Mulia Malik Mahmud Al-Haytar ke Bireuen melakukan temuramah (Silaturrahmi) dengan masyarakat Bireuen adalah kunjungan perdana. ( Hera )
beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *