BPCB Malut Bakal Lakukan Pemugaran Benteng Saboega

  • Whatsapp

JAILOLO,beritalima.com – Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Maluku Utara bakal melakukan pemugaran dan penataan Benteng Saboega Kecamatan Sahu Halmahera Barat (Halbar).

Rencana pemugara dan penataan benteng saboega itu, saat tim dari BPCB Malut yang dipimpin langsung Kepala BPCB Malut Muhammad Husni, melakukan kegiatan Pra pemugaran Benteng Saboega Halmahera Barat. Dalam kegiatan pra pemugaran yabg dilaksanakan Kamis (31/01/2019), tim BPCB melihat kondisi terkini Benteng saboega dan melakukan koordinasi dengan Camat Sahu, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pariwisata dan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Halbar.

“Koordinasi tim BPCB di jailolo kemarin untuk membicarakan tentang rencana pemugaran dan penataan lingkungan Benteng Saboega agar dalam pelaksanaan pemugaran nanti dapat berjalan dengan lancar,”ungkap Kepala BPCB Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat Muhammad Husni ketika dikonfirmasi, Kamis (31/01/2019).

Muhammad menjelaskan, BPCB Malut merupakan UPT Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dibawah Dirjen Kebudayaan. Tahun 2019 BPCB Malut mempunyai kegiatan pemugaran dan penataan lingkungan  Benteng Saboega, kegiatan ini berupa perbaikan benteng dan penataan lingkungannya, kegiatan pemugaran adalah  bagian dari pelindungan Cagar budaya untuk mencegah terjadinya kerusakan, olehnya itu, pemugaran dilakukan agar tinggalan sejarah dapat terus dimanfaatkan masyarakat,  baik untuk pendidikan sejarah maupun pariwisata.

“Kegiatan ini juga merupakan pendukungan terhadap pemajuan kebudayaan halbar. Langkah awal untuk mewujudkan program kebudayaan di halbar, BPCB bekerjasama Dikbud dan Dispar dalam rencana wisata berbasis sejarah yang menghubungkan pantai, benteng saboega dan wisata air panas Gamtala melalui sungai,”jelasnya.

Halbar, kata Muhammad, adalah daerah yang kaya akan budaya, olehnya itu, dirinya sangat mendukung untuk memajukan kebudayaan halbar, untuk itu dalam kegiatan pemugaran dan penataan lingkungan Benteng Saboega akan dibuatkan taman baca dengan konsep selaras dengan Benteng maupun bangunan tradisional lainnya yang ada di halbar.

“Dengan adanya taman baca di Benteng Saboega, diharapkan bukan hanya memajukan pariwisata tetapi juga menumbuhkan kecintaan masyarakat terhadap Cagar Budaya dan juga Kebudayaan daerah,”pungkasnya. (Ay)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *