BPJAMSOSTEK Gresik Gelar Pelatihan Vokasional, Bisa Diikuti Pekerja Aktif

  • Whatsapp

GRESIK, beritalima.com |  Ini angin segar bagi para pekerja yang telah dirumahkan. Di tengah pandemi Covid-19 dan masa transisi new normal ini, dimana lapangan pekerjaan sukar didapat, BPJAMSOSTEK hadir memberikan kesempatan bagi para pekerja untuk mendapatkan softskill guna menunjang kinerja mereka dalam bekerja pada bidang yang ditekuni.

BPJAMSOSTEK kembali menggelar Program Pelatihan Vokasional Tahun 2020. Program pelatihan kerja ini juga lebih ditingkatkan dibanding penyelenggaraan tahun lalu. Kali ini bukan hanya bagi para pekerja yang telah mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) saja yang dapat menikmati program ini, pekerja yang masih aktif bekerja pun bisa ikut dengan beberapa syarat.

Persyaratan umum untuk program ini ialah Warga Negara Indonesia (WNI) dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) valid dengan berusia maksimal 50 tahun.Persayaratan khusus bagi pekerja yang mengalami PHK ialah pernah menjadi peserta BPJAMSOSTEK minimal 1 tahun dan sudah berhenti kerja minimal 3 bulan dan maksimal 2 tahun saat pendaftaran vokasi.

Sementara untuk peserta aktif Penerima Upah (PU) memiliki persyaratan khusus, diantaranya perusahaan yang ditempati selama bekerja harus terdaftar di BPJAMSOSTEK minimal 3 tahun, tertib administrasi, upah minimal UMK, dan peserta terdaftar di BPJAMSOSTEK minimal 2 tahun berturut-turut.

Sedangkan untuk pekerja informal atau Bukan Penerima Upah (BPU), persyaratan khususnya sudah menjadi peserta BPJAMSOSTEK minimal 1 tahun dengan upah minimal Rp 1.000.000,- dan memiliki aktivitas ekonomi yang aktif.

BPJAMSOSTEK Gresik mengadakan Program Pelatihan Vokasi ini dengan bekerja sama dengan PT Politeknik Indonesia Internasional atau dikenal dengan sebutan Polindo Internasional. Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) ini berada di Jalan Bung Tomo No. 8 Kav. 8,9,10,12,16 Surabaya.

BPJAMSOSTEK Gresik bersama dengan Polindo Internasional membuka Program Pelatihan Vokasi dengan 4 jenis pelatihan, yaitu Desain Grafis, Web Programming, Komputer Akuntansi, dan Administrasi Perkantoran. Semua jenis pelatihan dilaksanakan secara daring, gratis dan mendapatkan bantuan uang saku.

Pendaftaran Program Pelatihan Vokasi ini dapat melalui link sso.bpjsketenagakerjaan.go.id. Caranya; 1.Log in dengan mengisi alamat email dan password akun BPJSTKU yang sudah terdaftar, 2.Pilih menu “Vokasi”, 3.Mengisi form pendaftaran dengan lengkap lalu klik lanjutkan, 4.Pilih Kota “Surabaya”, 5.Pilih salah satu modul (pelatihan) yang akan diikuti dari empat jenis pelatihan yang ada, 6.Pilih pelatihan “Daring-Gresik”, dan 7.Klik “Daftar”.

“Jika mengalami kendala bisa menghubungi kami melalui Whatsapp di Nomor 0812 1600 6998 (Ria) dan  0812 1779 2846 (Widy) pada hari Senin – Jum’at hingga pukul 17.00,” ujar Kepala BPJAMSOSTEK Gresik, Ahmad Fauzie Usman.

Fauzie menandaskan, Program Pelatihan Vokasional BPJAMSOSTEK Tahun 2020 ini ada peningkatan dari program sebelumnya. Selain pekerja yang PHK, kali ini peserta aktif pun dapat ikut sesuai ketentuan yang berlaku.

“Saya harap animo peserta untuk program ini meningkat, mengingat pandemi yang terjadi saat ini lapangan kerja susah untuk didapat. Program ini juga dapat menambah wawasan sesuai jenis pelatihan yang diminati, melatih serta mengasah kesiapan peserta untuk dapat bekerja,” pungkas Fauzie. (Ganefo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait