BPN: Dana Desa Yang Digelontorkan Pemerintah Dari APBN, Bukan Kantong Jokowi

  • Whatsapp
www.beritalima.com

JAKARTA, Beritalima.com– Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Andre Rosiade meminta anggota kabinet pemerintahan pimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak melakukan kampanye terselubung dengan menggunakan anggaran negara.

Kepada sejumlah awak media, Andre mengatakan, baru-baru ini Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengumpulkan para kepala desa dan meminta mereka mengingat jika dana desa ada berkat Jokowi.

Andre menilai, apa yang dilakukan politisi PDI Perjuangam terseut jelas masuk kategori pelanggaran pemilu. “Apa yang dilakukan Mendagri merupakan pelanggaran terang-terangan. Dia memanfaatkan jabatanya sebagai Medagrimelakukan mobilisasi kepala desa dan mempromosikan Jokowi yang notabene juga berstatus (Capres petahana) peserta pemilu,” kata Andre di Jakarta, Jumat (22/2).

Dikataka, Tjahjo sebagai politisi senior partai Banteng Moncong Putih itu tidak hanya sekadar melanggar aturan pemilu, Andre juga menyebut Mendagri telah berbohong.

Andre mengatakan, pernyataan Tjahjo di hadapan para kepala desa adalah kabar bohong seolah dana desa berasal dari Jokowi dan bukan berasal dari APBN. Jadi, jelas yang membuat berita bohong atau hoaks tersebut adalah pejabat pemerintah pimpinan Jokowi.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

“Kita tahu dana desa ini kan perintah UU. Ada UU sejak tahun 2014 bahwa siapa pun presiden harus melaksanakan dana desa ini, menyiapkan dana desa. UU itu dibuat pada era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono,” kata Andre.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

Andre kemudian menekankan, uang untuk dana desa bukan diambil dari kantong presiden. Besaran dana desa, sambung dia, merupakan kesepakatan antara pemerintah dengan DPR.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

“Dana desa adalah dana APBN, dana rakyat, bukan dana pribadi Jokowi dan ini juga hasil kesepakatan antara DPR dengan pemerintah. Pak Tjahjo, sebaiknya berhenti melakukan kebohongan,” ucap Andre.

www.beritalima.com
www.beritalima.com

Sebelumnya, Mendagri Tjahjo Kumolo meminta para kepala desa untuk mengingat jika dana desa ada berkat Presiden Jokowi. Hal ini sampaikan Tjahjousai Jokowi memberi pengarahan kepada peserta Rapat Koordinasi Nasional Penyelenggaraan Pemerintahan Desa di Ecovention Ocean Ecopark, Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta, Rabu (20/2).

www.beritalima.com

Saat itu, Tjahjo meminta seluruh kepala desa yang hadir untuk berdiri dan mengajarkan sebuah yel-yel. “Kalau saya bilang Dana Desa, jawab Pak Jokowi. Dana Desa,” teriak politikus PDI-P itu.

“Pak Jokowi,” jawab para kepala desa.

“Ingat, anggaran dana desa karena ada Pak Jokowi,” sambung Tjahjo Kumolo. (akhir)

www.beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *