BPS Catat, Cabai Rawit dan Beras Jadi Penyumbang Deflasi di Kabupaten Gresik

  • Whatsapp

GRESIK,beritalima.com- Badan Pusat Statistik (BPS) Gresik menyebutkan komoditas cabai rawit dan beras menjadi penyumbang deflasi secara bulanan (month-to-month/MtM) terbesar pada Mei 2024. (3/6).

Kepala BPS Gresik Ir. Indriya Purwaningsih, menyampaikan cabe rawit dan beras memberikan andil terhadap deflasi bulanan sebesar 0,08 persen.

“Pada Mei 2024, cabai rawit mengalami deflasi sebesar 24,67 persen. Sedangkan beras mengalami deflasi sebesar 2,23 persen. Keduanya menyumbang deflasi masing – masing 0,08 persen,” jelas Indriya saat konferensi pers.

Sebagai informasi, BPS Gresik mencatat Kabupaten Gresik mengalami deflasi 0,06 persen pada Mei 2024, dengan inflasi tahunan yang mencapai 2,84 persen (year-on-year/YoY) dan inflasi tahun kalender 1,71 persen (year-to-date/YtD).

Indriya juga menambahkan penyumbang deflasi utama pada bulan Mei 2024 (MTM) dari komoditas ikan mujair, dan kendaraan sewa/rental sebesar 0,05%. Sementara penyumbang utama inflasi pada bulan Mei 2024 (YtY) dan (YtD) berasal dari komoditas beras dan bawang merah.(*)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait