BreakingNews, Awas, Flu Babi Sedang Mengancam !

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr. Robert Arjuna FEAS *
Kemarin malam,Di waktu senggang sedang lihatTV One tiba tiba mendengar ada berita flu babi mewabah dan peternak babi menjadi panik untuk hal ini,begitu di chanel stasiun TV Nasional memberita penyakit flu Babi sedang mewabah,saya juga binggung kita baru hadapi wabah Pandenic Covid memporakporandakan segi kehidupan kita datanglah flu babi menantang, Flu babi merupakan penyakit zoonosis, yaitu penyakit yang menular dari hewan ke manusia. Penyakit ini menular dengan cepat jika seseorang menghirup percikan air liur (droplet) penderita saat bersin atau batuk. Flu babi rentan menular pada anak-anak, lansia, ibu hamil, dan orang dengan daya tahan tubuh lemah.

Teringat Infeksi virus influenza H1N1 pertama kali ditemukan di Meksiko pada April 2009 dan terus ditemukan pada berbagai negara di seluruh dunia Salah satu pandemi yang pernah terjadi pada tahun 2009 adalah flu babi. Oleh karena itu pada Juni 2009, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan keadaan pandemi global dan berakhir pada Agustus 2010.namum sekarang mulai berjangkit lagi ?

APA ITU FLU BABI?
Flu babi adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus influenza H1N1.disebut dengan
Swine flu disebabkan oleh jenis virus flu (influenza) jenis H1N1. Ini adalah jenis virus influenza A, dan H1N1 adalah salah satu dari beberapa jenis virus flu yang dapat menyebabkan flu musiman.

Dinamakan flu babi karena penyakit ini awalnya terjadi pada babi, kemudian menginfeksi manusia. Flu babi selanjutnya menular antarmanusia dan menyebabkan pandemi pada tahun 2009. Virus influenza H1N1 dapat menular dengan cepat dan lebih mudah menular pada anak-anak, lansia, ibu hamil, serta orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah.Flu babi menular ketika orang sehat menghirup droplet atau percikan cairan saluran pernapasan seseorang yang terinfeksi saat bersin atau batuk.

PENYEBAB FLU BABI
Flu babi disebabkan oleh virus influenza H1N1. Sama seperti virus influenza lainnya, virus tersebut akan menyerang sel-sel di hidung, tenggorokan, dan paru-paru. Cara penularan virus H1N1 mirip dengan virus influenza lain, yaitu menghirup percikan air liur (droplet) dari penderita yang bersin atau batuk.Penularan juga bisa terjadi jika droplet yang mengandung virus menempel di mata, hidung, dan mulut. Meski demikian, virus ini tidak bisa menyebar melalui konsumsi daging babi dan produknya, seperti ham atau sosis babi.

GEJALA FLU BABI :
Tanda dan gejala flu yang disebabkan oleh virus H1N1 mirip dengan infeksi yang disebabkan oleh jenis flu lainnya dan dapat mencakup:
1. Demam.
2. Panas dingin.
3. Batuk.
4. Sakit tenggorokan.
5. Hidung berair atau tersumbat.
6. Berair, mata merah.
7. Pegal-pegal.
8. Sakit kepala.
9. Kelelahan.
10. Diare.
11. Mual dan muntah.
Gejala ini juga mirip dengan covid 19 yang pegal linu,sakit tenggorokan, batuk dan lain lain.
Selain itu, flu babi juga dapat menimbulkan gejala neurologis, terutama pada anak-anak. Meskipun kondisi ini tergolong langka, tetapi dapat berakibat fatal.

FAKTOR RESIKO FLU BABI :
1. Berusia di bawah 5 tahun atau di atas 65 tahun
2. Menggunakan Aspirin jangka panjang terutama jika berusia di bawah 18 tahun
3. Sedang hamil
4. Menderita Asma, penyakit jantung, hati, atau gangguan sistem saraf
5. Memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, seperti karena menderita HIV/AIDS.

LABORATORIUM PENUNJANG DIAGNOSA
1. Rapid test
2. Tes Polymerase Chain Reaction (PCR)

PENCEGAHAN
1. Beristirahat dengan cukup
2. Minum banyak air putih untuk mencegah dehidrasi
3. Mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas untuk meredakan gejala, seperti sakit kepala dan sakit tenggorokan
Obat antivirus oseltamivir dan zanamivir dapat diresepkan oleh dokter, terutama pada penderita yang berisiko tinggi untuk mengalami komplikasi akibat flu.

KOMPLIKASI FLU BABI
1. Gagal napas.
2. Memburuknya kondisi penyakit kronis, seperti penyakit jantung dan asma
3. Pneumonia atau peradangan paru-paru yang disebabkan oleh infeksi
4. Gangguan saraf, mulai dari penurunan kesadaran hingga kejang
Maka dihimbau hygiene dan sanitasi lingkungan perlu diperhatikan,jgn sempat tercemar oleh Flu babi dalam kehodupan kita, bila ada gejala segera konsultasi ke dokter. Semoga informasi si gkat kami ini membantu pengetahuan anda, terimakasih
RobertoNews 1673《14.5.23(19.05)》
• Praktisi Dokter & Penulis ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait