BTNKT Bersama Pemda Touna Serahkan Bantuan Pengembangan Usaha Ekonomi Kepada Kelompok Masyarakat

  • Whatsapp

Ampana- Pemerintah Daerah bersama Balai Taman Nasional Kepulauan Togean (BTNKT) Kabupaten Tojo Una-una menyerahkan bantuan pengembangan usaha ekonomi dalam rangka pemberdayaan masyarakat desa di sekitar kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean secara simbolis, berlangsung di ruang rapat BTNKT setempat, Senin (4/11/2023).

Bantuan secara simbolis diserahkan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra (Alfian Matajeng, S.Pd., M.A.P) yang mewakili Bupati Tojo Una-Una, didampingi Kepala Balai Taman Nasional Kepulauan Togean, kepada 17 Kelompok Masyarakat dengan jumlah anggota kelompok sebanyak 178 KK yang berasal dari 15 Desa. Bantuan diberikan dalam bentuk uang secara langsung melalui rekening kelompok dengan jumlah total bantuan sebesar Rp. 480.000.000,-.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Alfian Matajeng saat membacakan sambutan Bupati berharap agar bantuan yang diserahkan dapat menjadi modal bagi kelompok masyarakat dalam mengembangkan potensi lokal, memperkuat ekonomi dan melestarikan alam.

“Sehingga kesejahteraan masyarakat disekitar kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean dapat diwujudkan melalui komitmen dan kolaborasi bersama antara Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una dan Balai Taman Nasional Kepulauan Togean. Disamping itu,”Sambungnya

Alfian mengajak semua pihak turut serta melestarikan kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean agar manfaat ekonomi khususnya disektor perikanan dan sektor pariwisata termasuk penerimaan negara dan masyarakat dapat terus terjaga, demi masa depan.

Sementara itu Kepala Balai Taman Nasional Kepulauan Togean, Dodi Kurniawan, S.Pt., S.H., M.H., menjelaskan bahwa pengelolaan kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean dilakukan dengan mengedepankan upaya pencegahan dan pendekatan kepada masyarakat, upaya penegakkan hukum merupakan langkah terakhir untuk memberikan efek jera.

“Salah satu upaya pencegahan dan pendekatan ini antara lain dilakukan dalam bentuk pendampingan pemberdayaan masyarakat melalui pemberian akses pemanfaatan sumber daya perikanan pada zona tradisional kepada masyarakat sekitar, serta pemberian bantuan usaha ekonomi produktif,”jelas Dodi

Dodi katakan, masih banyak kendala dan hambatan, maupun kelemahan yang perlu jadi perhatian untuk perbaikan kedepannya dalam pendampingan pemberdayaan masyarakat, terutama dalam hal keterpaduan pembinaan secara kontinyu bersama pihak terkait. Dibutuhkan komitmen, sinergitas dan kerjasama kolaboratif semua pihak, termasuk masyarakat,

Dodi mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada semua pihak khususnya kepada Pemerintah Kabupaten Tojo Una-Una, atas dukungannya dalam pelestarian kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean

“Mari kita bersama-sama menjaga dan melestarikan kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean. Hutan dan perairan laut yang kita miliki bukan hanya sebagai sumber kehidupan hari ini, namun juga sebagai warisan yang harus kita jaga agar dapat dinikmati oleh generasi-generasi mendatang. Keterlibatan aktif masyarakat dalam pelestarian lingkungan adalah kunci keberhasilan dalam mempertahankan keindahan alam dan keanekaragaman hayati,”ucapnya.

Penyerahan bantuan usaha ekonomi ini dihadiri oleh Bupati Tojo Una-Una yang diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Polres Tojo Una-Una, Kejari Tojo Una-Una, OPD / Dinas lingkup Kabupaten Tojo Una-Una, Camat dan Kepala Desa di wilayah Kepulauan Togean, serta kelompok masyarakat penerima bantuan, disamping itu hadir pula secara online perwakilan dari Direktorat Pengelolaan Kawasan Konservasi – Direktorat Jenderal KSDAE, BPDASHL Palu-Poso, Balai GAKKUM LHK Wilayah Sulawesi, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sulawesi Tengah, serta Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulawesi Tengah, dengan jumlah peserta 63 Orang.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait