Pemda Touna Bersama Kemenag Gelar Kegiatan Pelayanan Isbat Nikah

  • Whatsapp

Ampana- Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Una-Una bekerja sama dengan Pengadilan Agama dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tojo Una-Una serta Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tojo Una-Una gelar kegiatan pelayanan Isbat Nikah terpadu dalam rangka mewujudkan gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan, bertempat di Balai Desa Takibangke Senin (4/12/2023).

Pada kesempatan itu, Bupati dalam sambutannya menyampaikan bahwa dokumen perkawinan merupakan syarat mutlak bagi pasangan baik yang muslim maupun non muslim.

“Untuk itu Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Una-Una melaksanakan isbat nikah karena hal ini merupakan program penting dalam memberikan perlindungan dan kepastian hukum bagi masyarakat terhadap pernikahan terutama bagi kalangan kurang mampu yang memerlukan legalitas hukum terhadap perkawinannya,”kata Bupati.

Menurut Bupati, pelaksanaan isbat nikah ini merupakan wujud perhatian pemerintah daerah melalui kerjasama antar Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Pengadilan Agama Ampana dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tojo Una-Una serta Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Tojo Una-Una sebagai upaya untuk mengakomodir tingginya jumlah pasangan suami istri yang belum memiliki akta nikah dan akta perkawinan.

“Pelaksanaan sidang isbat nikah untuk yang kesekian kalinya dilaksanakan, pemerintah daerah berupaya semaksimal mungkin agar semua pasangan yang sudah menikah di Kabupaten Tojo Una-Una memiliki buku nikah meskipun secara agama mereka yang sudah menikah dan sudah sah menjadi suami istri tetapi secara administrasi kenegaraan kepemilikan buku nikah sangat penting baik untuk anak dan keluarga maupun berbagai kepentingan lainnya,”jelasnya.

Bupati berharap kepada masyarakat yang belum mendaftarkan diri untuk di isbat nikah supaya sesegera mungkin melaporkannya kepada petugas terdekat dan kepada jajaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil agar terus mensosialisasikan serta mendata masyarakat yang belum memiliki akta nikah atau akta perkawinan sehingga bisa mengikuti isbat nikah di tahun yang akan datang.

Kepada seluruh masyarakat agar menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Pemerintah daerah melalui dinas terkait terus melakukan pelayanan gratis kepada masyarakat baik itu pelayanan kependudukan, pelayanan kesehatan dan pelayanan-pelayanan lainnya, itu semua dilakukan semata-mata untuk kepentingan dan untuk mensejahterakan masyarakat Kabupaten Tojo Una-Una

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait