Buah Nenas, Apa Peran Dalam Kehidupan ?

  • Whatsapp

Oleh :
DR.dr. Robert Arjuna FEAS*
Suatu hari saya ketemu bu Neneng yang sedang memakan buah nenas secara lahap satu keping perkeping masuk ke mulut lalu saya tanya kok makanan lahap bu neneng dia langsung menjawan tiap hsri harus makan nenas sudah hampir 5 tahun lamanya dia harus makan nenas untuk penyakit encoknya hilang, dia sakit encok or rheumatk artritis
8 th segala persendian sakit maka ada teman suruh harus makan nenas. Memang nenas mengadung unsur bremolain bisa mengobati rheumatik artritis ( penyakit encok) hilang sebab itu sejak makan nenas penyakit encok hilang. Satu penelitian menunjukkan, peserta dengan gangguan pankreas mengalami pencernaan yang lebih baik setelah mengonsumsi suplemen enzim pencernaan yang mengandung bromelain, dibanding mengambil suplemen enzim pencernaan yang sama tanpa bromelain.Bromelain juga banyak digunakan sebagai pelunak daging komersial karena kemampuannya memecah protein daging yang keras. Itu sebabnya, manfaat buah nanas juga seringkali dipakai dalam memasak daging agar lebih lunak.

Nanas memiliki rasa asam manis sehingga cocok untuk tambahan makanan. Harga nanas juga sangat terjangkau dan tersedia sepanjang tahun di pasar.Buah ini juga mudah ditemukan dalam keadaan segar maupun kalengan.
Di Indonesia, nanas segar biasa dipakai untuk bahan sambal, lalapan, dan campuran sayur atau makanan berkuah lain.
Itulah segudang manfaat buah nanas untuk kesehatan. Banyak sekali manfaat makan buah nanas, sehingga buah ini bisa jadi menu makanan yang sangat direkomendasikan.
Nanas merupakan buah tropis yang tidak mengenal musim. Di balik kulitnya yang tajam, nanas memiliki kandungan gizi dan kaya akan vitamin. Lalu, apa manfaat buah nanas? Selain rasanya yang lezat dan menyegarkan, ada banyak sekali manfaat buah nanas. Buah ini juga seringkali dipakai sebagai campuran dalam masakan hingga dijadikan selai.

MANFAAT NENAS
1. Kaya nutrisi
2. Antioksidan
3. Melancarkan pencernaan
4. Mengurangi risiko kanker
5. Meningkatkan imunitas
6. Meringankan gejala arthritis
7. Mempercepat pemulihan pasca operasi
8. Jadi menu diet
9. Mengurangi risiko kanker
10. Meningkatkan imunitas
11. Meringankan gejala arthritis
13. Mempercepat pemulihan pasca operasi
14. Jadi menu diet

KESIMPULAN
Nanas memiliki perpaduan antara rasa asam dan manis yang menyegarkan. Buah berwarna kuning ini seringkali diolah menjadi minuman. Tidak hanya rasanya yang menyegarkan, nanas ternyata memiliki kandungan gizi dan kaya akan vitamin. Di balik kulitnya yang sedikit tajam, nanas mengandung nutrisi, vitamin, dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk bekerja optimal. Berkat kandungannya, Manfaat Nanas untuk kesehatan manusia cukup banyak.
Nanas merupakan buah penghasil antioksidan. Vitamin A dan C dari nanas merupakan sumber antioksidan. Kandungan nutrisi lainnya pada nanas diantaranya adalah fosfor, kalsium, kalium, zat besi, magnesium, mangan, thiamin, serat, natrium, dan gula buah (sukrosa). Selain itu nanas sangat rendah kalori. Satu buah nanas segar hanya mengandung 82 kalori.
Miulai hari ini kita memakan nanas sebagai sumber daya alam nabati yang ekonomi terjangkau dan mudah kita dapat dimana mana ada yang bentuk kalengan untuk siap saji.Hidup sehat adalah dambaan kita semua orang
RobertoNews 1069 《 9.10.21(13.35)》
• Praktisi Dokter & Penulis Ilmu Kesehatan

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait