Bukalapak Gandeng GrabExpress Optimalkan Penjualan Online

  • Whatsapp

1.000 Usaha Kecil di 10 Kota Besar

● Membawa misi Bukalapak untuk memberdayakan usaha kecil di Indonesia agar bertumbuh, roadshow ini menjadi ajang berdiskusi, berbagi, dan belajar tentang bisnis online

● Wujud komitmen GrabExpress untuk mendukung pertumbuhan bisnis wirausahawan lokal melalui layanan pengiriman barang yang mudah, cepat, dan aman dengan pilihan layanan Rush Delivery pagi pelanggan Bukalapak

Malang, 25 Februari 2019 – Bukalapak, salah satu perusahaan teknologi terbesar di Indonesia bekerja sama dengan Grab, Online-to-Offline (O2O) mobile platform terkemuka di Indonesia untuk menghadirkan ‘Roadshow Kopdar Komunitas’ di 10 kota besar di Indonesia. Roadshow yang akan mulai dilakukan pada Februari hingga Juni 2019 ini akan memberikan kesempatan bagi 1.000 usaha kecil untuk berdiskusi, berbagi, dan belajar tentang bisnis online bersama mentor dari Bukalapak dan GrabExpress. Mengusung tema “Mengoptimalkan Penjualan Online di Bukalapak”, roadshow ini akan digelar di Jakarta, Semarang, Solo, Yogyakarta, Kudus, Malang, Surabaya, Denpasar, Manado dan Makassar.

Dalam rangkaian roadshow ini, Bukalapak juga akan memberikan edukasi kepada usaha kecil tentang cara berbisnis secara online di Bukalapak dan meningkatkan keterampilan untuk mengoptimalkan bisnis mereka. Layanan pengiriman barang instan, GrabExpress juga memberikan kemudahan dengan fitur Rush Delivery untuk mendukung kualitas layanan usaha kecil. Layanan ini memberikan kepastian bagi pelanggan Bukalapak bahwa barang yang dikirim akan tiba dalam waktu 2-5 jam kepada pelanggan.

Muhammad Fikri, Head of Community Management Bukalapak mengatakan, ”Logistik merupakan salah satu tantangan bagi industri e-commerce dan juga para pelapak, rendahnya ketepatan waktu akan berpengaruh terhadap kinerja bisnis usaha kecil. Kami senang dapat bekerja sama dengan GrabExpress, khususnya dalam menghadirkan layanan Rush Delivery, yang akan membantu pelapak menjaga kepuasan pelanggan. Saat ini kami memiliki lebih dari 50 juta pengguna yang terhubung kepada 4 juta pelapak dalam platform kami. ”

Muhammad Fikri juga menambahkan bahwa tidak menutup kemungkinan kerja sama ini akan dikembangkan juga di kota-kota lain. Saat ini, layanan GrabExpress Rush Delivery telah melayani 56 kota di seluruh Indonesia, dan akan terus meningkatkan layanan dan memperluas jangkauan seiring dengan pertumbuhan bisnis e-commerce seperti Bukalapak.

Mediko Azwar, Marketing Director Grab Indonesia menjelaskan, “Kepuasan pelanggan merupakan hal yang penting dalam industri e-Commerce. Pelanggan selalu berharap mendapatkan layanan yang cepat, terpercaya dan aman. Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Bukalapak untuk memperkenalkan bagaimana GrabExpress dapat membantu usaha kecil di Indonesia melalui layanan Rush Delivery. Dengan memanfaatkan keunggulan teknologi yang kami miliki, GrabExpress berkomitmen untuk membantu wirausahawan lokal untuk berkembang. Melalui kerja sama ini, kami mengajak wirausahawan lokal untuk memanfaatkan pendekatan pemasaran digital bisnis dengan efisien dalam mencapai target bisnis mereka. Kerja sama ini mendukung komitmen berkelanjutan Grab yang terangkum dalam Masterplan 2020 Grab 4 Indonesia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia sebagai kekuatan Indonesia di masa depan melalui akselerasi pertumbuhan bisnis e-commerce.”

Mediko juga menambahkan bahwa pengguna Bukalapak kini juga dapat menemukan berbagai promo pengiriman barang melalui GrabExpress mulai dari cashback bagi pelapak baru, keuntungan paket push bagi pelapak aktif, hingga gratis ongkos kirim bagi pembeli di periode tertentu. Kerja sama ini juga diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan usaha kecil di Indonesia sehingga dapat membantu menciptakan peluang pendapatan bagi 100 juta wirausahawan mikro di Asia Tenggara pada tahun 2020.

Saat ini, layanan GrabExpress telah tersedia di lebih dari 50 kota dimana layanan Bukalapak tersedia dan di 139 kota di Indonesia, dari Sabang hingga Merauke. Pengguna dapat menikmati layanan GrabExpress menggunakan armada GrabBike dan GrabCar[1] dengan berbagai fitur dari aplikasi Grab, termasuk:

● Pengiriman instant: Pengiriman dan penerimaan barang dilakukan segera dengan ketersediaan armada GrabBike yang memadai.

● Pengiriman SameDay: Pengiriman dan penerimaan barang pada hari yang sama dengan harga lebih ekonomis.

● Jaminan keamanan: Pengiriman barang kini lebih aman dengan adanya asuransi barang, bukti pengiriman, dan fitur pelacakan kiriman.

● Interface lebih ramah[2]: Alur pemesanan yang telah diperbarui dengan tampilan lebih mudah dan sederhana. Daftar kontak telepon yang tersimpan pada ponsel cerdas kini juga terintegrasi langsung dengan aplikasi Grab, memudahkan memilih dan mengisi rincian kontak penerima barang saat melakukan pemesanan layanan.

● Multi Concurrent Booking[3]: Pengguna juga dapat melakukan hingga 10 pemesanan dalam waktu yang bersamaan.

● Multi Destination[4]: Pelanggan dapat mengirimkan lebih banyak barang hingga ke 5 destinasi dalam satu kali pemesanan.

“Harapannya dengan adanya kegiatan kopdar ini akan semakin meningkatkan semangat para pelaku usaha kecil untuk mengembangkan bisnisnya secara online. Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dari GrabExpress, yang tentunya akan bermanfaat untuk optimalisasi bisnis online para pelapak. Hal ini sejalan dengan konsep gotong royong dan kolaborasi yang kami miliki di Bukalapak,” tutup Muhammad Fikri.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *