Bupati Bondowoso Tekankan Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Terhadap Masyarakat

  • Whatsapp

BONDOWOSO, beritalima.com – Pasca diresmikannya enam puskesmas dan satu puskesmas pembantu, Bupati Salwa Arifin beresan agar tenaga kesehatan meningkatkan kualitas pelayanan.

Sehingga, yang dibangun bukan hanya fisiknya saja. Melainkan, penting pula membangun pelayanan yang lebih baik.

“Yang dibangunnya bukan hanya fisiknya, tapi juga pelayanannya,” Katanya usai meresmikan tujuh Puskesmas yang pelaksanaannya dipusatkan di Puskesmas Pujer, Jum’at (20/12/2019).

Ia pun mendorong kepala dinas kesehatan untuk banyak memberikan arahan, dan memberikan pelatihan kepada tenaga kesehatan

“Mungkin dari pimpinan banyak memberikan arahan, memberi pelatihan dalam rangka meningkatkan kualitad pelayanan,”harapnya.

Kepala Dinas Kesehatan, M. Imron, dikonfirmasi, menerangkan, bahwa jika berbicara Sumber Daya Manusia (SDM) di Puskesmas menurut Permenkes nomer 75, masih kurang ideal. Karena, kecukupan jumlahnya yang tak merata.

” Contoh dokter. Ada puskesmas dokternya yang cuma satu dokter umum. Ada yang dua, ada yang tiga. Idealnya, untuk Puskesmas yang rawat inap itu idealnya tiga. Satu sebagai kepala puskesmas, dua memberikan pelayanan. Tapi kalau Puskesmasnya tak sebesr seperti di Cerme, Maesan, dua dokter cukup,”ujarnya.

Diterangkannya, bahwa pihak Dinkes telah melakukan berbagai upaya dalam pemenugan tersebut. Seperti, selama ada formasi CPNS pihaknya mengusulkan itu.

Kemudian, dengan menggunakan dana BK provinsi, yang dimaksimalkan untuk bisa dapat alokasi tenaga medis.

“Dan yang ketiga adalah alokasi dari anggaran kontrak daerah. Kita masih melakukan itu,” Imbuhnya.

Ia pun menambahkan bahwa sebenarnya permasalahan tak idealnya jumlah tenaga medis ini karena anggaran. Melainkan juga karema faktor regulasi.

“Bukan cuma masalah anggaran saja, tapi regulasi juga. Kalau kita tak dapat formasi CPNS, selamanya kita kan tidak dapat. Kalau kita butuh mereka dan anggaran mendukung tidak ada masalah,” Pungkasnya.

Untuk informasi, Bupati Salwa Arifin meresmikan enam puskesmas dan satu puskesmas pembantu yang telah direhab sepanjang 2019.

Diantaranya yakni, Puskesmas Pujer, Tamanan, Binakal, Wringin, Klabang, Ijen, serta satu puskesmas pembantu di Walidono. (*/Rois/Ch)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *