Bupati Halbar Resmikan Penanaman Jagung Perdana 20 Ribu Ha

  • Whatsapp

JAILOLO, beritalima.com – Bupati Halmahera Barat Danny Missy,  Senin (27/2/2017), meresmikan Penanaman jagung perdana 20.000 hektar, di Desa Kuripasai, Kecamatan Jailolo.

Kegiatan ini merupakan lanjutan pembangunan pengawasan pertanian berbasis kepulauan melalui program upaya khusus (UPSUS) kementerian pertanian RI.

Kadis Pertanian Halbar Ir. Totari Balatjai dalam laporannya, Jagung merupakan komuditi tanaman pangan yang memiliki peranan Strategis dalam pembangunan Nasional, dan menjadi bahan baku utama pakan ternak untuk kelanjutan produksi daging Nasional.

” Selain itu, taman jagung memiliki peran dan fungsi yang sangat penting dalam mewujudkan swasembada, sehingga pemkab Halbar berencana meningkatkan  produksi jagung secara berkelanjutan,” ujarnya.

Lanjutnya, dan kegiatan penanaman jagung pada Tahun 2017 ini, di fasilitasi oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pertanian melalui APBN Tahun 2017.

“Kegiatan ini juga bertujuan meningkatkan produksi dan produktivitas tanaman sekaligus meningkatkan perluasan areal tanam, juga taraf hidup dan kesejahteraan Petani Halbar,”jelasnya.

Tambahnya, kegiatan ini bagian dari pengelolaan tanaman serelia khususnya jagung, dan akan dilaksankan di 9 Kecamatan se – Halbar, berdasarkan pada hasil identifikasi calon petani dan lahan dan dilanjutkan dengan pertemuan bersama koordinator penyuluhan pertanian lapangan,

“Kegiatan ini juga jadwalkan untuk dilaksanakan dalam 2 musim tanam yaitu pada bulan Januari – Juni 2017 dan tahap kedua dilaksanakan pada bulan juli – Desember 2017,”katanya.

Sementara Bupati Halbar Danny Missy, SE, MM, dikesempatan itu, mengatakan,  dengan tataran Global saat ini isu – isu pertanian tidak lagi terbatas pada lingkungan Nasional namun sangat berkaitan dengan Kisru pangan, Energi Air, Ancaman Pandemik Global.

“Program kerja merupakan karya kongkrit sehinga selaku dikedepankan program Revitalisasi pertanian untuk mengembalikan pembangunan pertanian sebagai salah satu sektor andalan pembangunan Nasional.” Jelasnya.

Danny juga mengatakan, Dalam program ini sangat mendukung pemerintah dan Warga Halbar, dimana telah menyediakan lapangan kerja juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat (petani) serta dapat untuk mengurangi kemiskinan dan melestarikan lingkungan hidup.

Lanjutnya, selain itu Kementerian Pertanian akan membantu kita dengan memberikan 10 buah traktor roda empat dan 10 buah pompa yang berukuran 6 inci. Bupati juga mengatakan lokasi ini sangat berdekatan dengan bandara Kuripasai sehingga kedepan Bandara kita ini akan menjadi yang terusik di Dunia karena akan dikelilingi tanaman Jagung.

Kedepannya, kami mencanangkan penanaman jagung khususnya di Halbar bisa mencapai 35.000 hektar yang disebarkan di sembilan Kecamatan. Untuk itu kami berharap kepada Kementerian bila ada bantuan Halbar bisa kebagian lagi,” harapnya.

Senada juga disampaikan Direktur Tanaman Tahunan Ditjen perkebunan RI,  Dr.  Ir Ali Jamil, MP,  mengharapkan para petani banyak yang terkendala dengan permodalan sehingga dengan melalui pinjaman yang sifatnya simpan pinjang dapat membantu para petani kita khususnya di Halbar.

Lanjutnya, bantuan dari kami berupa Traktor dan pompa air  mungkin bisa membantu para petani untuk mempercepat penanam 20 ribu Hektar tanaman jagung yang di canangkan Pemkab Halbar.  Selain itu kami juga ada bantuan dari perternakan berupa bantuan Sapi induk wajib Bunting (Siwab).

Ia menambahkan,  memang dengan program ini pasti warga bertanya terkait dengan penjualan, jadi perlu saya sampaikan, hal itu tidak usa khawatir karena hasil dari para petani akan di beli lansung oleh pengusaha dan Pak Bupati juga banyak rekan pengusaha yang siap mengambil hasil panen.

Usai sambutan, kegiatan dilanjutkan dengan prosesi penanaman perdana yang dilakukan secara simbolis oleh  Direktur Tanaman Tahunan Dirjen perkebunan RI,  Dr.  Ir Ali Jamil, MP, Bupati Halbar dan wakil Bupati Halbar bersama dengan Forkopimda Kab. Halbar.

Turut hadir dalam kegiatan ini yakni, Dirjen Tanaman Tahunan, pada Kementrian Pertanian Dr. Ali Jamil, Bupati Halbar Danny Missy, SE, MM, Wakil Bupati Halbar A. Zakir Mando, Sos, Wakil  Wali Kota Ternate, Staf Ahli Pemkot Tidore Kepulawan, Kadis Pertanian Prov.Malut, Munawar Yaro, Dandim 1501 Babulla, Mewakili Danrem 152/Babula Letkol Inf. Rahmad Hasan (Pasiter Korem), Kapolres Halbar AKBP Sutoyo, S.ag,SH,MM, Kajari Halbar, Wadanyon RK 732 Banau Mayor Inf. Slamet H,Direktur Bank BPD Jailolo dan semua unsur SKPD lingkup Pemkab Halbar. (ssd/adv) ‎

beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *