Bupati Lumajang Optimalkan Penyediaan Air Bersih

  • Whatsapp

LUMAJANG,beritalima.com- Menanggapi pentingnya kebutuhan sehari-hari terkait air bersih, bupati Lumajang, Thoriqul Haq, M. ML (cak Thoriq) berkomitmen akan mongoptimalkan kebutuhan air bersih di kabupaten Lumajang. Hal tersebut diutarakan pada saat audensi dan koordinasi tentang sistem penyediaan air minum region Lumajang, di Ruang Mahameru, kantor Bupati, Selasa (18/06/2019).

Dalam audensinya cak Thoriq mengatakan, bahwa Pemerintah kabupaten Lumajang akan terus berpacu melakukan upaya langkah-langkah untuk memenuhi kebutuhan air bersih.
“Bagaimana caranya, ini nanti kita dapat memenuhi kebutuhan air bersih yang diperlukan penduduk. Agar penduduk kita bisa mengeluarkan biaya murah dalam mendapatkan air bersih”, ujar cak Thoriq.

Secara umum, air bersih di kabupaten Lumajang mencapai sebesar 74,59%. dengan jumlah penduduk 1.006.458 jiwa di tahun 2018. Sementara itu, cakupan pelayanan air minum perpipaan perkotaan sebesar 18,35 %, dan cakupan pelayanan air minum perpipaan pedesaan sebesar 21,37%. Sedangkan potensi Hidrologi, terbagi menjadi, 5 Daerah Aliran sungai, 134 sungai, 14 air terju, 14 Danau, 12 Rawa, 411 Sumber mata air.

Pihaknya, berencana akan menindak lanjuti penyediaan air bersih dengan melakukan penyusunan study kelayakan SPAM Sumber Mrutu dan Kajian Kerentanan Mata Air (KKMA) dengan sasaran utama pelayanan kebutuhan air bersih di daerah kecamatan Klakah dan kecamatan Ranuyoso. Menurut data yang telah dipaparkan, Debit Sumber mata Air Sumber Mrutu tercatat 1.750 liter/detik.

Rencananya, 2020 mendatang akan dilakukan pembangunan SPAM Sumber Mrutu sedangkan di tahun 2021 dilakukan optimalisasi SPAM Sumber Mrutu. Pada 2020 rencananya akan mengoptimalkan Ranu Bedali khusus kecamatan Ranuyoso serta mengoptimalkan Ranu Wringin dan Ranu Krasak untuk Randuagung dan Kedungjajang.

Terkait pemanfaatan SPAM Ronggojalu, pihaknya akan menindak lanjuti dengan berkoordinasi dengan Pihak Kabupaten/Kota Probolinggo dengan sasaran pemenuhan kebutuhan air bersih kecamatan Ranuyoso, Klakah dan Kedungjajang.

Sementara itu, Bakorwil V Jember, R.Tjahjo Widodo, mengatakan akan segera berkoordinasi lebih lanjut dengan pihak-pihak terkait tentang penyediaan air region. agar kebutuhan masyarakat Lumajang dapat terpenuhi. (Jwo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *