Bupati Madiun Jadi Irup Hari Kartini

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Bupati Madiun, Jawa Timur, menjadi Inspektur Upacara (Irup) peringatan Hari Kartini ke-140 di halaman Pendopo Muda Graha Pemkab, Senin 22 April 2019.

Dalam sambutannya, Bupati Madiun, H. Ahmad Dawami, mengatakan, peringatan Hari Kartini merupakan momentum yang sangat baik untuk merefleksikan betapa kaum perempuan merupakan sosok yang sangat berperan penting dalam kemajuan bangsa.

“Kaum perempuan harus tampil kedepan untuk menjadi motor penggerak perubahan. Oleh karena itu kaum perempuan Indonesia sudah sepatutnya memunculkan sosok Raden Ajeng Kartini dalam dirinya. Kiranya hal ini sesuai dengan tema peringatan tahun ini yaitu Semangat Kartini Semangat Perempuan Indonesia,” kata H. Ahmad Dawami.

Ibu Kartini, lanjutnya, telah memulai perjuangan untuk meningkatkan kualitas hidup perempuan di Indonesia lebih dari seabad yang lalu.

“Oleh karena itu, saat ini adalah giliran kita semua untuk menunjukkan bagaimana kuatnya kaum perempuan Indonesia khususnya di Kabupaten Madiun dalam membentengi generasi penerus untuk membangun bangsa agar lebih besar dan bermartabat,” tuturnya.

Belajar dari sejarah perjuangan serta semangat Ibu Kartini, ungkapnya, kiranya peringatan Kartini dapat dijadikan sebagai momentum untuk memperkuat dan memperluas pemberdayaan perempuan khususnya di kabupaten Madiun.

“Memperkuat advokasi dan aksi nyata dalam peningkatan kualitas pendidikan formal yang lebih jauh lagi, peningkatan kualitas hidup perempuan, mendorong kesadaran kaum laki-laki untuk lebih aktif terlibat dalam mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender serta kemajuan perempuan secara umum,
memperkuat penghapusan kekerasan dalam rumah tangga dan meperjuangkan upaya menekan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak-anak,” tandasnya.

Bupati juga mengajak mensukseskan program Three end (3end). Yakni akhiri kekerasan pada perempuan dan anak, akhiri perdagangan perempuan dan akhiri ketidakadilan akses ekonomi terhadap perempuan.

Sementara itu Ketua Penggerak PPK Kabupaten Madiun, Ny Penta Ahmad Dawami, menginginkan semua perempuan di Kabupaten Madiun harus kuat semangatnya seperti RA Kartini.

“Para wanita di zaman milenial ini harus lebih mencermati tentang permasalahan dalam berita-berita hoax. Persoalan para perempuan di Kabupaten Madiun perlu memberikan semangat cita-cita di dalam era digital,” kata Ny Penta Ahmad Dawami.

Perempuan di Kabupaten Madiun, lanjutnya, harus bisa mewujudkan cita-citanya. “Dengan semangat hari Kartini melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak, kita sosialisaikan apapun kegiatan yang menuju pemberdayaan perempuan. Dari segi ekonomi pemberdayaan dari bawah, dari dasa wisma ditingkat RT dan dari PKK memberikan sosialisasi tentang ekonomi dan pemberdayaan wanita,” tandasnya.

Hadir dalam upacara ini diantaranya Wakil Bupati H. Hari Wuryanto, Sekda Tontro Pahlawanto, Asisten, Staf Ahli, pimpinan OPD dan Camat. (Dibyo).

Ket.Foto: H. Ahmad Dawami (atas)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *