Bupati Madiun Pancangkan Tiang Perdana Lampu Jalan Program KPBU

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Wilayah Kabupaten Madiun, Jawa Timurg dalam waktu dekat bakalan terang benderang saat malam tiba. Pasalnya, ribuan lampu jalan akan bertebaran hingga ke sudut-sudut kabupaten.

Bupati Madiun, H. Ahmad Dawami, telah melakukan pemasangan tiang lampu penerangan jalan (LPJ) secara simbolis di perempatan Pasar Sayur Caruban, yang ditandai pemotongan tumpeng, Rabu 11 Januari 2023.

*Bupati mengatakan, jika pemasangan perdana tiang lampu jalan ini sebagai tanda dimulainya proyek lampu jalan di Kabupaten Madiun.

Menurutnya, ada tiga ukuran panjang tiang, yang panjangnya 5 meter untuk perkotaan. Sedangkan yang 7 dan 9 meter untuk di jalan nasional.

“Nanti akan kita tentukan titik nolnya, dan saat ini masih kita hitung. Lampu-lampu ini ada nomornya, ketika ada yang padam nanti mudah dilacak dan diketahui lokasinya, karena akan kelihatan dari nomornya. Jumlah keseluruhan 7459 titik yang dari KPBU, nanti ada pergeseran 600 titik, itu nanti jadi satu,” jelas H. Ahmad Dawami.

Dengan lampu jalan ini, bupati berharap akan menciptakan rasa aman, angka kriminalitas maupun angka kecelakaan turun, dan masyarakat menjadi lebih nyaman, jam kerja akan bertambah sehingga akan menciptakan simpul-simpul ekonomi baru.

Terkait target penyalaan perdana, lanjvnya, akan dilakukan bertepatan dengan peringatan Hari Jadi ke-455 Kabupaten Madiun pada 18 Juli tahun ini.

Sekedar diketahui, jika didanai APBD, estimasinya proyek penerangan jalan ini akan memakan waktu hingga 50 tahun kedepan. Untuk itu, Bupati biasa disapa Kaji Mbing ini membuat terobosan yakni menggandeng pihak. (Dibyo).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait