Bupati Madiun: Renungkan Keteladanan Nabi Ibrahim

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Bupati Madiun, Jawa Timur, bersama ketua DPRD, anggota Forkopimda atau yang mewakili, Wakil Bupati, Plt. Sekretaris Daerah, Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, pengurus MUI Kabupaten Madiun, TP PKK dan Dharma Wanita Persatuan, melaksanakan sholat Idul Adha 10 Dzulhijah 1438 H / 2017 M di Masjid Agung Quba, yang berada di komplek pusat pemerintahan (Puspem) Kabupaten Madiun di Mejayan, 1 September 2017.

Dalam sambutannya, Bupati Madiun H. Muhtarom, mengajak kepada semua untuk menghayati momentum Idul Adha 1438 H ini agar tunduk sepenuhnya pada kemahabesaran Allah SWT, seraya merenungkan kembali keteladanan agung Nabi Ibrahim AS dan putranya Nabi Ismail AS yang telah teruji memiliki keikhlasan, kekuatan hati dan ketaatan mutlak kepada Allah SWT ketika mendapat perintah untuk mengorbankan putranya.

“Mari juga kita juga mendo’akan saudara-saudara kita yang menjadi tamu-tamu Allah di tanah suci untuk menunaikan ibadah haji. Semoga mereka diberikan kesehatan, perlindungan dan kemampuan untuk menunaikan seluruh rangkaian ibadah haji serta kembali ke tanah air sebagai haji mabrur dan mabruroh,” kata H. Muhtarom.

Sejalan dengan hikmahnya sebagai Hari Raya Idhul Qurban, lanjutnya, hari ini merupakan momentum yang tepat bagi umat Islam untuk mengasah keikhlasan dan kepedulian sosial terhadap sesama serta membangun kualitas sebagai pribadi yang sabar, tahan uji dan tegar menghadapi cobaan kehidupan.

Terkait dengan pemanfaatan Masjid Agung Quba untuk melaksanakan Sholat Idul Adha, merupakan yang pertama kalinya masjid tersebut digunakan untuk melaksanakan ibadah sholat Idul Adha.

Pada Idul Adha tahun ini, panitia sengaja tidak melakukan penyembelihan hewan kurban di masjid yang baru diresmikan itu, dengan alasan kelembagaan dan scurity (keamanan) nya belum lengkap.

Usai melaksanakan ibadah sholat Idul Adha, Bupati Madiun kemudian menyerahkan ternak korban berupa 1 ekor lembu di Pondok Al Kona’ah Desa Wonoayu Kecamatan Pilangkenceng yang diterima pimpinan pondok, KH. Rabono Noto Dipuro.

Sedangkan Wakil Bupati Madiun, H. Iswanto, menyerahkan ternak korban 1 ekor lembu di Pondok Raudatul Talibin Desa Sidorejo Kecamatan Saradan yang diterima pimpinan pondok, KH. Muhari.

Untuk diketahui, pada tahun Idul Adha tahun ini, Pemkab Madiun menyerahkan hewan kurban sebanyak 17 ekor kambing, ke beberapa tempat. (Dibyo).

beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *