Bupati Madiun Ziarah Ke Makam Bupati Pertama

  • Whatsapp

MADIUN, beritalima.com- Dalam rangka Hari Jadi Kabupaten Madiun Ke-449, bupati Madiun,Jawa Timur, H. Muhtarom, melakukan ziarah ke makam bupati Madiun pertama, Adipati Ronggo Jumeno, di Kelurahan Kuncen Kecamatan Taman Kota Madiun, Rabu 5 Juli 2017.

Menurut bupati Madiun, H. Muhtarom, ziarah ini merupakan kegiatan rutin Pemerintah Kabupaten Madiun setiap memperingati Hari Jadi Kabupaten Madiun yang jatuh pada 18 Juli.

“Ini kegiatan rutin tahunan setiap memperingati Hari Jadi Kabupaten Madiun. Kalau tujuannya ya mendoakan yang disarekan (dimakamkan) di sini agar diterima amal ibadahnya dan diampuni segala dosanya oleh Allah SWT,” kata H. Muhtarom, usai tabur bunga.

Adipati Ronggo Jumeno, merupakan bupati pertama Madiun yang memerintah mulai tahun 1568-1586 Masehi. Sosok ini dikenal sebagai tokoh ‘pemberontak’ kepada raja Mataram, Panembahan Senopati.

Perselisihan antara Madiun dengan Mataram, reda setelah putri Adipati Ronggo Jumeno, yakni Retno Dumilah, disunting oleh raja Mataram. Sedangkan makam Retno Dumilah, berada Yogjakarta.

Usai ziarah di makam Adipati Ronggo Jumeno, kemudian dilanjutkan di makam kuno Desa Kuncen Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun. Sedangkan makam terakhir yang diziarahi yakni makam kuno Taman di Kelurahan Taman Kecamatan. Pasalnya di dua pemakaman kuno itu, juga terdapat makam para leluhur yang pernah memerintah di Kabupaten Madiun.

Turut dalam rombongan ini yakni Wakil Bupati H. Iswanto, ketua DPRD Djoko Setijono, ketua Pengadilan Arif Budi Cahyono, Kepala Kejaksaan Negeri I Made Jaya Ardana, Kapolres AKBP I Made Agus Prastya, Komandan Kodim 0803 Madiun Letkol Inf. Rachman Fikri dan perwakilan dari Lanud Iswahyudi.

Rombongan juga didampingi para kepala OPD, Asisten, Staf Ahli Camat serta Kabag. Termasuk Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Madiun, Herry Supramono. (Dibyo).

Foto: Dibyo/beritalima.com

beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *