Bupati Mohammad Lahay Buka Raker Bersama Camat dan Kades se Kabupaten Touna

  • Whatsapp

AMPANA,beritalima.com | Bupati Tojo Una-Una (Touna), Mohammad Lahay, SE, MM membuka Rapat Kerja (Raker) Bersama Para Camat, Lurah dan Kepala Desa se-Kabupaten Touna, bertempat di Hotel Grand Pink Senin (27/07/2020).

Bupati dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Bagian Tata Pemerintahan yang sudah berupaya untuk menyelenggarakan kegiatan ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Semoga rapat kerja ini akan mempercepat program-program pembangunan Pemerintah Daerah dan Penanganan Pengendalian Covid-19 serta peningkatan pelayanan Aparatur Pemerintahan ditingkat Kecamatan, Kelurahan dan Desa sebagai upaya mewujudkan pelaksanaan Pemerintahan yang berdaya saing dan aman Covid-19, yang disesuaikan visi-misi Pemda Kabupaten Touna,” Kata Bupati.

Bupati mengatakan, dalam sistem penyelengaraan pemerintahan di Negara Kesatuan Republik Indonesia posisi Kecamatan berkedudukan sebagai perangkat daerah Kabupaten sekaligus penyelenggaraan urusan pemerintahan umum.

Sebagai pelaksana perangkat daerah, Camat melaksanakan sebagian kewenangan Bupati yang dilimpahkan dan sebagai penyelenggara urusan pemerintahan umum, Camat secara berjenjang melaksanakan tugas pemerintah pusat di wilayah Kecamatan

Kemudian dengan kedudukannya tersebut, kecamatan mempunyai peran yang sangat strategis, baik dari tugas dan fungsi organisasi, sumber daya manusia, dan sumber pembiayaannya Camat juga memliki kewenangan atributif yang sifatnya melekat antara lain mengkordinasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat, mengkordinasikan penyelenggaran ketentraman dan ketertiban umum, penerapan perda, perkada, pemeliharaan prasarana dan sarana pelayanan umum.

“Camat juga merupakan perpanjangan tangan Bupati yang bertanggung jawab dalam hal pembinaan dan mengkordinir tugas dan fungsi Lurah dan Kepala Desa sesuai amanat Undang-Undang No 23 tahun 2014 tentang tata pemerintahan Daerah, jelasnya.

Menurutnya, melalui kegiatan Rapat Kerja Bupati dengan Para Camat, Lurah dan Kepala Desase-Kabupaten Touna dengan mengusung tema “Membangun Netralitas Aparatur Pemerintahan Daerah Dalam Mewujudkan Pilkada Tahun 2020 Luber, Jurdil dan Aman Covid-19” menjadi momentum yang berharga untuk menyatukan visi dalam menciptakan penyelenggaraan Pemerintahan yang kredibel dan akuntabel dama kerangkan otonomi daerah,” tambahnya.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Ketua DPRD Touna, H. Mahmud Lahay, SE, M.Si, Kepala Inspektorat Kabupaten Touna, Kepala Bank BNI Cabang Ampana, Kepala Bank BRI, Kepala Bank Syariah Mandiri, para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah lingkup Pemkab Touna,  Camat, Lurah, Kepala Desa, BPD dan pendamping Desa se-Kabupaten Touna serta puluhan tamu undangan lainnya (AT/HW)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait