Bupati Mohammad Lahay Resmikan Sekaligus Serahkan Bantuan Perumahaan di Desa Wakai

  • Whatsapp

Ampana,beritalima.com- Bupati Tojo Una-Una (Touna), Mohammad Lahay, SE,MM menyerahkan bantuan rumah khusus bagi masyarakat penerima manfaat yang berada di desa Wakai Kecamatan Una-una, Sabtu (12/9/2020).

Bupati Touna dalam sambutannya menyampaikan bahwa Perumahan merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia disamping sandang dan pangan pembangunan Perumahan merupakan sebagai salah satu sektor strategis yang menjadi salah satu indikator keberhasilan dalam rangka menciptakan kesejahteraan bagi segenap lapisan masyarakat.

“Kebutuhan akan rumah merupakan hak dasar masyarakat oleh karena itu harus dipenuhi oleh pemerintah dan pemerintah daerah sebagai amanah Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, untuk memenuhi kebutuhan Perumahan rakyat salah satunya perlu dilakukan pembangunan Perumahan khusus melalui penyediaan tanah yang clear dan clin serta pembangunan yang sesuai dengan rencana tata ruang wilayah kabupaten secara menyeluruh dan terpadu,”kata Mohammad Lahay

Bupati katakan, pemerintah melalui kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan 25 unit rumah khusus bagi masyarakat desa Wakai yang belum menempati rumah layak huni.

“Bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup para penerima manfaat dengan menyediakan rumah yang layak huni dalam lingkungan yang sehat, sehingga masyarakat penerima manfaat dalam upaya memenuhi kebutuhan hidup dapat bekerja dengan tenang karena keluarganya sudah menempati rumah layak huni, tuturnya.

Menurutnya, rumah khusus ini merupakan program pemerintah yang dibangun untuk memenuhi kebutuhan rumah layak huni bagi kelompok masyarakat tertentu yang berada di wilayah kepulauan.

Sesuai dengan instruksi presiden bahwa pemerintah harus menjamin keberadaan empat sektor utama dalam masa pandemi covid-19 yaitu pangan, kesehatan, logistik dan pelayanan dasar. 

“Didamping untuk bermain memenuhi kebutuhan rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), rumah khusus ini merupakan salah satu pelayanan dasar untuk mendukung upaya memutus mata rantai penyebab konflik dengan kondisi hunian yang layak,”jelasnya.

Bupati berharap, semoga bantuan pembangunan rumah ini akan memberikan manfaat yang besar bagi para keluarga penerima dan dijadikan sebagai perangsang untuk menciptakan keluarga sejahtera dengan taraf hidup yang lebih baik lagi.

“Keberhasilan program ini akan menjadi tolak ukur bagi pemerintah pusat dalam memberikan bantuan ke desa-desa yang lain di Kabupaten Touna ke depannya, menjadi harapan kita semua dengan adanya program bantuan rumah ini dapat meringankan beban masyarakat dalam meningkatkan kualitas rumah sehingga jumlah rumah tidak layak huni di kabupaten tanah dapat berkurang secara bertahap,”harapnya.

Dalam penyerahan rumah tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD Touna Mahmud Lahay, Kepala PKPLH Touna Agfar Patanga, Kapolsek Una-Una, Para Camat, Kepala Desa, Tokoh Agama, serta masyarakat penerima bantuan.(AT/HW) 

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait