Bupati Mojokerto Serahkan Bansos Untuk Desa dan Warga Terdampak Bencana Hidrometeorologi

  • Whatsapp

MOJOKERTO, Beritalima.com- Pemerintah Daerah Kabupaten Mojokerto telah mengalokasikan anggaran dari Dana Belanja Tidak Terduga (BTT) sekitar Rp.30 miliar di Tahun 2023 yang dapat digunakan untuk tanggap darurat di Kabupaten Mojokerto.

Alokasi anggaran BTT bencana itu nantinya akan digunakan untuk memperbaiki sejumlah infrastruktur bersifat Urgent dan bantuan bagi petani yang lahannya rusak akibat terdampak bencana banjir dan juga bencana lain.

Pemkab Mojokerto melalui Bupati Mojokerto, Ikfina Fahmawati yang didampingi oleh Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Yo’i Afrida Soesetyo Djati, menyerahkan bantuan sosial dalam rangka penanganan darurat dampak bencana hidrometeorologi.

Penyerahan tersebut dilakukan di tiga titik, yakni Desa Selotapak, Kecamatan Trawas, Desa Cembor, Kecamatan Pacet, dan Desa Begaganlimo, Kecamatan Gondang.
Penyerahan pertama di Desa Selotapak, Kecamatan Trawas, Senin (10/4) sore.

Bantuan berupa bronjong 200 lembar dan glangsing 500 lembar. Selanjutnya, di lokasi kedua yakni di Desa Begaganlimo, Bupati Ikfina menyerahkan bantuan berupa bronjong 100 lembar serta glangsing 500 lembar.

Sementara itu, di Desa Cembor, Bupati Ikfina menyerahkan bantuan berupa uang tunai kepada dua warga yang rumahnya terdampak longsor bulan lalu. Untuk Bu Karni, Bupati Ikfina menyerahkan sekitar Rp 11 juta dan untuk Pak Sardi senilai Rp 4,5 juta.

Bupati Ikfina, dalam kesempatan itu, menyampaikan, bahwa bantuan sosial ini memang agak telat karena harus melalui mikanisme aturan yang harus dilalui.

“Semoga bantuan yang diberikan ini bisa bermanfaat. Mohon maaf kalau telat, karena memang kita harus menyelesaikan beberapa syarat birokrasi yang harus kita taati untuk mencairkan anggaran,” ungkapnya

Dalam agenda penyerahan bantuan sosial kali ini, Bupati Ikfina selain didampingi oleh Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto, Yo’i Afrida serta sejumlah pejabat struktural BPBD Kabupaten Mojokerto.

Selain itu, di masing-masing lokasi penyerahan bantuan sosial ini, Bupati Mojokerto juga disambut oleh kepala desa, Forkopimca serta personil Desa Tangguh Bencana. (Kar/Adv)

beritalima.com

Pos terkait