Bupati Nur Arifin Segera Tindaklanjuti Catatan Strategis DPRD Atas LKPJ

  • Whatsapp

TRENGGALEK, beritalima.com –

Usai menerima catatan strategis DPRD atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) tahun anggaran 2020, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin pun berkomitmen untuk segera nenindaklanjutinya. Hal itu tentunya bertujuan untuk memperbaiki jalannya roda pemerintahan di Kabupaten Trenggalek
Melalui rapat Paripurna DPRD Kabupaten Trenggalek, catatan-catatan strategis tentang LKPJ diserahkan kepada bupati pada Jum’at (30/4/2021).

Penyampaian catatan ini sendiri ditujukan untuk memberikan rekomendasi perbaikan penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Trenggalek kedepan, seperti yang ditegaskan oleh Ketua DPRD Kabupaten Trenggalek, Samsul Anam saat memimpin sidang paripurna.

Beberapa poin penting catatan strategis tersebut diantaranya pemerintah Kabupaten Trenggalek diminta terus serius dalam penanganan Pandemi Covid 19.

Selain itu juga, pemerintah diminta melakukan percepat vaksinasi terhadap kelompok rentan, pelaku ekonomi rakyat dan sektor pelayanan masyarakat.

Reformasi pelayanan kesehatan lebih kepada promotif, inovatif daripada kuratif. Sekaligus kampanye budaya hidup sehat kepada masyarakat karena mayoritas penyebab kematian bukan penyakit menularnya melainkan penyakit penyerta.

Di sektor pendidikan DPRD Trenggalek meminta pembelajaran tatap muka dilakukan segera dengan tetap menerapkan prokes yang ketat. Pembelajaran daring juga dianggap tidak efektif dan Dinas Pendidikan diminta melakukan akselerasi untuk bisa mengejar ketertinggalan pembelajaran saat diterapkannya pembelajaran daring.

Belanja daerah diharapkan juga segera bisa direalisasikan dengan mengedepankan belanja sektor ekonomi lokal dan tenaga lokal sehingga dapat menggerakkan perekonomian ekonomi.

Optimalisasi penyerapan anggaran, sehingga SILPA tahun anggaran belanja dapat ditekan dan optimalisasi pendapatan PDRB daerah juga didorong untuk dioptimalkan. Evaluasi strategis untuk beberapa target daerah yang belum tercapai diharapkan juga bisa terealisasi.

Menanggapi catatan catatan strategis yang di berikan oleh DPRD, Bupati Trenggalek, menyampaikan kesiapannya untuk menindaklanjuti beberapa catatan tersebut, untuk perbaikan penyelenggaraan pemerintahan di Trenggalek.

“Akan segera kita tindak lanjuti catatan catatan DPRD, utamanya evaluasi terkait dengan penanganan Pandemi Covid 19,” ungkap Bupati Trenggalek ini kepada awak media.

Menggaris bawahi catatan strategis DPRD, Bupati melihat ada 3 catatan yang dinilai menjadi skala prioritas.
Yang pertama, pandemi Covid-19 harus bisa tertangani, pelayanan dasar masyarakat harus disesuaikan dengan prokes (protokol kesehatan), kedua pemulihan ekonomi dan yang ketiga menggali sumber sumber pendapatan daerah.

“Yang kesemuanya tetap harus disesuaikan dengan capaian target didalam RKPD pada setiap tahunnya,” pungkas suami Novita Hardiny itu. (her)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait