Bupati Salwa Arifin Tandatangani MOU Bersama Perusahaan dan Universitas

  • Whatsapp

BONDOWOSO, beritalima.com – Pemkab Bondowoso menggelar acara penandatanganan kesepakatan bersama dengan tiga pihak sekaligus di Pendopo Bupati, Rabu (24/2). Yakni diantaranya, Pihak PT Nusantara Segar Abadi, Pihak PT Bintang Toedjoe dan Pihak Universitas Muhammadiyah Malang.

Bupati Bondowoso Drs KH Salwa Arifin menyampaikan bahwa kerjasama dengan pihak PT Nusantara Segar Abadi yakni untuk MOU pengembangan komoditas hortikultura Pisang Cavendish berorientasi ekspor.

Dan MOU dengan pihak PT Bintang Toedjoe untuk pengembangan komoditas biofarmaka jahe merah berorientasi ekspor. Sedangkan untuk pihak Universitas Muhammadiyah Malang untuk pengembangan pertanian organik di Kabupaten Bondowoso.

Bupati Salwa menjelaskan, bahwa pihaknya telah cukup lama mengikuti dinamika pengembangan komoditas pisang Cavendish, mulai di Madiun, Blitar, Lampung, Jembrana.

Dan sampai hari ini Bondowoso mendapatkan giliran pengembangan komoditas pisang Cavendish berorientasi ekspor, yang difasilitasi secara terintegrasi oleh banyak stake holder. Kemenko Perekonomian, Dirjen Bea Cukai dan PT. Nusantara Segar Abadi.

“Patutlah kita sambut dengan hangat dan tangan terbuka, kita akan dorong progressnya, kita fasilitasi apa yang bisa difasilitasi oleh Pemkab Bondowoso,” jelasnya.

Ia menerangkan, agar ujung dari program pengembangan komoditas ini dapat di capai yaitu, peningkatan pendapatan devisa Negara, pendapatan perusahaan dan tentu saja peningkatan pendapatan dan kesuksesan petani mitra menjadi bagian penting yang tidak boleh terlewatkan.

Jahe merah adalah komoditas biofarmaka yang asli Nusantara dan khasiatnya bisa disetarakan dengan gingseng Korea. Oleh karena itu potensi pengembangan seiring dengan potensi ekonominya harus tetap dieksplorasi.

“Untuk tujuan peningkatan ekonomi masyarakat, peningkatan devisa dan tentu juga perusahaan harus untung,”urainya.

Melalui kerja sama tersebut, Bupati Salwa berharap kedepan agar terus dilanjutkan, bahkan di perluasan di beberapa sektor.

“Ke depan kerjasama ini, kami berharap akan terus dilanjutkan, di intensifkan, bahkan diperluas pada sektor-sektor yang lain untuk akselerasi Pencapaian Bondowoso Melesat yang kita cita-citakan bersama,”pungkasnya. (*/Rois)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait