Bupati Salwa Terima Robot Disinfektan dari Poltek Jember

  • Whatsapp
Foto; Bupati Bondowoso Salwa Arifin saat menerima secara simbolik bantuan peralatan pencegahan covid dari Poltek Negeri Jember (Rois beritalima.com)

BONDOWOSO, beritalima.com – Politeknik Negeri Jember, menyumbangkan robot pintar, penyemprot disinfektan, ke RSUD dr Koesnadi Kabupaten Bondowoso. Robot ini diberi nama Goodbye Covid Robot (GCR).

GCR ini diserahkan langsung secara simbolis oleh Direktur Poltek Jember, Saiful Anwar kepada Bupati Salwa Arifin, di Pendapa Bupati, Senin (15/6/2020).

Bacaan Lainnya

Data dihimpun, robot buatan mahasiswa Poltek ini untuk membantu mendisinfeksi ruangan atau tenaga medis. Robot ini menggunakan remot kontrol PlayStation 2. Dengan jarak semprot 1-2 meter.

Robot versi II ini, bisa dikontrol dari jarak 20 meter, sehingga petugas yang melakukan penyemprotan tak harus masuk ruangan. Alat ini berkapasitas 5,5 liter cairan disinfektan.

Direktur Poltek Jember, Saiful Anwar mengatakan, bahwa yang akan dibantu bukan hanya Bondowoso. Tapi kabupaten lain juga diupayakan.

“Kerena kita ketahui sekarang. Pandemi Covid-19 ini, eskalasinya dalam konteks belum mereda secara keseluruhan,” katanya, saat dikonfirmasi.

Menurutnya, perguruan tinggi punya kewajiban membangun inovasi dan menyiapkan produk yang dapat bermanfaat dalam mengatasi pandemi Covid-19. “Salah satunya adalah, robot disinfektan generasi kedua,” imbuhnya.

Pihaknya sudah kita siapkan riset untuk pembuatan robot pengantar obat di rumah sakit. Sehingga tenaga kesehatan tidak harus berinteraksi dengan pasien.

“Sehingga virus Corona yang ada di pasien dan lingkungannya bisa diminimalisir, sehingga tenaga kesehatan tak terkontaminasi,” paparnya.

Sementara itu, Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin mengaku sangat terbantu dengan sumbangsih Poltek Jember ini. Terutama dalam penanganan Covid-19.

“Sehingga dengan robot ini, tak ada lagi kekhawatiran manusia akan tertular saat menyemprotkan disinfektan,” kata bupati.

Atas nama pemerintah Kabupaten Bondowoso, Bupati Salwa mengucapkan banyak terima kasih, atas bantuan ini. “Insyaallah kami akan menggunakan sebaik-baiknya,” imbuhnya.

Pantauan di lokasi, selain robot Goodbye Covid Robot (GCR), Poltek Jember juga memberikan bantuan beras organik, dan sejumlah APD kepada Pemkab Bondowoso. (*/Rois)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait