Bupati Sumbawa Barat Resmikan Kantor Baznas Sumbawa Barat

  • Whatsapp

SUMBAWA BARAT NTB.beritalima.com|
Bupati Sumbawa Barat Dr Ir H W Musyafirin.,MM, melakukan penandatanganan prasasti Peresmian Kantor Baznas Kabupaten Sumbawa Barat, rabu 06/03/2024. Kantor tersebut berlokasi di lingkungan Kota Baru Kelurahan Dalam. Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Baznas Propinsi NTB, Para Ketua Ketua Baznas se Pulau Sumbawa, Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Barat, Dandim 1628 Sumbawa Barat, para tokoh agama dan tokoh masyarakat.
Dalam laporannya Ketua Baznas Kabupaten Sumbawa Barat, H. M. Ja’far Yusuf S. Sos, mengurai sekelumit perjalanan Baznas dari sejak 7 tahun yang lsli. Dikatakan Ustad Jafar bahwa, Baznas lahir dari Perbup 49 tahun 2017. Target awal pungutan Baznas pada waktu itu 1 Milyar dan bisa tercapai 2 Milyar. Pada tahun 2018 Pemda KSB memberikan tugas kepada Baznas KSB untuk penyerahan dana program FM 332 kepada rumah tangga sasaran, dan seterusnya berlanjut hingga sekarang. Di tahun 2023 Baznas KSB memasang target 7 M dan terealisasi hampir 14 M. Sementara untuk tahun 2024 memasang target 8 M.
Terkait dengan bangunan kantor, Ustad Jafar menerangkan bahwa pada masa – masa awal Kantor pernah beberapa kali pindah Kantor. Yang pertama di Base man Masjid Agung Darussalam, keberikutnya lantai 3 Masjid Agung Darussalam, terus pindah lagi ke Eks Kantor Damkar KSB. Dengan melihat intensitas kegiatan yang makin tinggi, selanjutnya menyewa rumah warga yang referesentatif. Berbagai capaian yang telah diraih selama ini merupakan dukungan dari Pemda KSB. “Alhamdulillah sekarang kita sudah punya Amil yang telah di tes oleh BNSP dan dilatih Baznas RI sehingga sekarang mereka sudah bersertifikat. Baznas KSB tetap dilakukannya audit oleh Lembaga audit dan alhamdulillah dinyataksn WTP. Doakan kami amanah, dan istiqamah”Ungkap Ustad Jafar

Sementara itu, Ketua Baznas Propinsi NTB Dr Said Gazali LC., MA, dalam sambutannya menyampaikan bahwa dukungan Pemda KSB terhadap Baznas KSB luar biasa. Kami sangat mengapresiasi, ungkapnya
Dalam kesempatan tersebut ditegaskan pula bahwa, Potensi zakat di NTB belum tercapai sampai sekarang. Potensi yang ada mencapai 2,8 triliun dan yang tercapai 180 M pada tahun 2023 untuk seluruh Baznas se NTB. Untuk potensi di Indonesia sebesar 326 T dan yang tercapai hanya 27 T. Kita harus berusaha agar target kita, terus meningkat, tidak boleh turun. Seklipun belum mencapai target, tapi kita sudah menjalankan aturan yang benar dalam mengelola Baznas, Ungkapnya
Dalam kesempatan tersebut diserahkannya Ucapan terimakasih kepada UPZ pengumpulan terbanyak yang diserahkan kepada Dinas Dikbud dengan jumlah total zakat dan infaq sebesar 3,268,009,166, Dinas Kesehatan sebesar 887,871,985, RSUD Asy Syifa 529,841,347.
Dalam kesempatan tersebut diserahkan juga ucapan terimakasih kepada Muzaki dan Munfiq Individu yang diberikan kepada H. Amar Nurmansyah, ST, M. Si, Ir. H. M. Alimin, dan Heri Susanto.
Terdapat 5 Program Utama Baznas Kabupaten Sumbawa Barat Tahun Anggaran 2024 yang pada kesempatan tersebut diserahkan secara simbolis. Program KSB Cerdas senilai 1,354,000,000 secara simbolis diterima oleh Muhammad Iltizam, Program KSB sehat senilai 1,172,800.000 diterima oleh Rudi Hartono, Program KSB sejahtera diterima oleh Nurhasanah, Program KSB Peduli senilai 3,155,550,000 diterima oleh Lawiyan, dan Program KSB Takwa diterima oleh Ustad Win Mahendra.

Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W. Musyafirin.,MM dalam sambutan singkatnya memberikan apresiasi terhadap kinerja Baznas KSB. “Keberadaan komisioner Baznas KSBsangat membantu. Hampir 40 sampai 50 persen tugas dari Pemda di ambil oleh Baznas. Baznas luar biasa, telah banyak program kerja yang telah dilaksanakan seperti program berobat masyarakat, penyiapan rumah singgah bagi keluarga yang rujuk ke Mataram, program Ruma tidak Layak huni, penyaluran dana Fakir Miskin FM 332. Yang jelas Baznas KSB merupakan mitra strategis Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat”, Ungkap Bupati
Diakhir kegiatan, Bupati melakukan penandatanganan Prasasti Peresmian Kantor Baznas Kabupaten Sumbawa Barat yang disaksikan oleh Ketua Baznas Propinsi NTB, Ketua DPRD KSB, Dandim 1628 Sumbawa Barat, dan seluruh tamu undangan.(Rozak)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait