Bupati Sumenep Raih Anugerah Pengembang Warisan Budaya

  • Whatsapp
Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo yang memperkenalkan Kabupaten Sumenep, sebagai Kota Keris ke luar daerah mendapat apresiasi Detik.com

SUMENEP, beritaLima.com| Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo yang memperkenalkan Kabupaten Sumenep, sebagai Kota Keris ke luar daerah mendapat apresiasi Detik.com.

Media Online itu memberikan penghargaan berupa Detik Jatim Awards 2023 kepada Bupati, sebagai Anugerah Figur Akselerator Pembangunan kategori Tokoh Pengembang Warisan Budaya.

Bacaan Lainnya

“Sejatinya, penghargaan ini adalah wujud komitmen masyarakat utamanya empu keris atau pengrajin keris dan sesepuh pelaku keris di Kabupaten Sumenep yang terus melestarikan warisan leluhur,” kata Bupati Sumenep.

Pemerintah Kabupaten Sumenep mengharapkan regenerasi pengrajin keris harus dilakukan untuk mempertahankan empu atau pengrajin keris, karena tantangannya adalah penerus dalam rangka mempertahankan produksi keris demi melestarikan tradisi leluhur.

“Kami berkomitmen untuk menjaga regenerasi empu keris supaya tidak sampai putus, untuk menjaga keberlanjutan produksi keris di masa mendatang,” terang Bupati.

Sementara, Detik Jatim Awards 2023 digelar di The Singhasari Resort Batu pada Senin (27/11/2023).

Bupati mengatakan, UNESCO mengakui Kabupaten Sumenep sebagai daerah pemilik pengrajin keris terbanyak di dunia, sehingga menjadi kebanggaan sekaligus tantangan agar mampu mempertahankan dan memanfaatkan keunggulan ini.

“Kami bersama masyarakat memiliki kewajiban melestarikan dan mengembangkan keris agar tetap lestari sebagai wujud konsekuensi pengakuan UNESCO itu,” jelasnya.

Pemerintah Kabupaten Sumenep untuk semakin memperkenalkan dan sebagai identitas Kota Keris kepada masyarakat luas, dengan membangun tugu keris yang berlokasi di Kecamatan Pragaan tepatnya di perbatasan Kabupaten Sumenep dan Pamekasan.

“Selain itu, menetapkan Desa Aeng Tong-Tong sebagai “Desa Keris” untuk mengangkat karya dan identitas sebagai Kota Keris,” pungkas Bupati Achmad Fauzi Wongsojudo.

(**)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait