Bupati Touna Mohamamad Lahay Pimpin Upacara HUT Kabupaten Touna ke 17

  • Whatsapp

AMPANA- Dalam rangka memperingati HUT ke-17 tahun, Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Una-una (Touna) menggelar upacara bendera yang berlangsung dihalaman Kantor Bupati setempat, Jumat (18/12/2020).

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Bupati Touna Mohammad Lahay,SE,MM, turut dihadiri Wakil Bupati Touna Admin As Lasimpala, Wakil Ketua DPRD Touna, Kapolres Touna, Kepala BNNK Touna, Kejari Touna, Para Kepala OPD, Camat.

Bupati Touna Mohammad Lahay, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kabupaten Touna merupakan salah satu kabupaten di provinsi Sulawesi Tengah yang beribukota di Ampana dan dibentuk berdasarkan undang-undang nomor 32 tahun 2003 tentang pembentukan kabupaten di Provinsi Sulawesi Tengah.

“Pada momen peringatan hari ulang tahun Kabupaten Touna yang ke-17 dengan segala hormat saya ucapkan terimakasih yang tak terhingga kepada pendahulu dan pendiri Kabupaten Touna atas jasa dan pengabdian terbaiknya kepada Kabupaten Touna,”kata Bupati Touna

Bupati katakan, seiring dengan bergantinya waktu, hari, bulan fan tahun tidak terasa Kabupaten Touna telah berusia remaja. Dimana 18 Desember 2020 tepat berusia 17 tahun adalah rentan perjalanan yang penuh dengan romantika dan dinamika sejarah.

Sebagai masyarakat Kabupaten Toba kita wajib bersyukur dengan menjadikan hari kelahiran Kabupaten Touna sebagai sebuah inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan daerah ini dengan karya dan prestasi lalu kita bingkai perjalanan hari ini dan kedepan dengan kerja yang proi demi meraih cita-cita dan harapan akan masa depan yang lebih baik.

“Begitu juga sebagai sebuah untaian peristiwa penuh makna dan hikmah, lalu dari sejarah kehidupan kita bisa memetik pembelajaran bahwa setiap generasi kepemimpinan memiliki warna dn dinamika tersendiri sesuai era dan zamannya,”terangnya.

Menurutnya, pemerintahan dn pembangunan ibarat dua sisi dari satu mata uang yang sama artinya tujuan yang sama dari sebuah pemerintahan adalah menyelenggarakan pembangunan begitu juga pembangunan tidak pernah bisa dilaksanakan tanpa adanya sebuah pemerintahan yang kuat, karena pembangunan adalah proses multidimensional yang menyentuh dan merangkum aspek kehidupan masyarakat.

Penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan Kabupaten Touna berpijak pada tiga landasan yuridis sebagai acuan penyusunan perencanaan pembangunan daerah yang berjenjang seperti.

1. Rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJMD) Kabupaten Touna 2005-2025 yang ditetapkan melalui peraturan daerah nomor 4 tahun 2010.

2. Rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kabupaten Touna 2016-2021 yang ditetapkan melalui peraturan daerah nomor 13 tahun 2017.

3. Rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Kabupaten Touna.

“Sesuai dengan tema hari ulang tahun Kabupaten Touna yang ke-17 ini adalah kerjasama untuk membangun Tojo Una-una dalam keberagaman dengan mewujudkan masyarakat maju, mandiri sejahtera dan berkeadilan,”jelasnya.(An/HW)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait