Bupati Touna Mohammad Lahay Serahkan Donasi Masyarakat Touna Untuk Palestina Melalui Lazismu

  • Whatsapp

Ampana – Bupati Touna Mohammad Lahay, S.E.,M.M menyerahkan donasi masyarakat Kabupaten Touna untuk warga Palestina, melalui Lembaga Amil Zakat, Infak dan Sedekah Muhammadiyah (Lazismu), yang diterima langsung oleh Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Tengah, Muh. Amin Parakkasi.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Ketua Lazismu Sulawesi Tengah Dr. Burhanuddin dan Camat Ampana Kota Hi. Mohamad Awali, S.Sos.,M.Si. Bertempat di Kantor PW. Muhammadiyah Sulawesi Tengah, Kamis (9/11/2023).

Pada kesempatan itu, Bupati Touna dalam sambutannya menyampaikan atas nama Pemerintah Daerah dan masyarakat Touna bahwa donasi tersebut merupakan wujud partisipasi dan solidaritas masyarakat Tojo Una-Una atas dasar niat ikhlas untuk membantu masyarakat Palestina khususnya di Gaza yang saat ini sedang berada dalam kesulitan akibat agresi Israel.

“Penyaluran donasi untuk saudara-saudara di Palestina adalah hasil penggalangan dana dari masyarakat Tojo Una-Una sebesar Rp.100.000.000 (Seratus Juta Rupiah) dan memilih Lazismu sebagai Penyalur, karena dipandang sebagai lembaga terpercaya, yang dapat menyalurkan langsung bantuan tersebut ke warga Palestina,”kata Bupati Touna.

Menurut Bupati, penggalangan donasi untuk Palestina terus berjalan dan akan digerakkan di seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Tojo Una-Una.

Banyak dari masyarakat Touna ingin turun langsung ke Palestina untuk memberikan bantuan, lazismu dipilih sebagai lembaga yang terpercaya untuk menyalurkan donasi tersebut agar niat baik masyarakat Touna tidak salah alamat.

“Ini dengan satu tujuan, untuk berpartisipasi membantu saudara-saudara kita di Palestina. Kalau mau ditanya, banyak dari kita yang bahkan ingin terjun langsung berpartisipasi membantu ke sana,”jelasnya.

Bupati berharap, agar donasi ini dapat terus bertambah pada tahap selanjutnya dan akan diupayakan agar penggalangan dana dapat melibatkan seluruh kecamatan di Touna.

“Sebagai langkah awal ini Rp100 juta dulu, masih ada lagi nanti Rp100 juta lebih. Terima kasih kepada Muhammadiyah melalui Lazismu, Insyaallah bisa langsung tersalurkan,”ucap Bupati

Sementara itu, Ketua PW Muhammadiyah Sulteng, Muh. Amin Parakkasi, mengungkapkan bahwa donasi yang disalurkan melalui Lazismu akan dikelola secara nasional oleh Lazismu Pimpinan Pusat Muhammadiyah, bersama donasi dari seluruh Indonesia, bahkan mancanegara, untuk membantu warga Palestina.

“Insyaallah, amanah dari masyarakat Touna akan disalurkan sesuai peruntukannya,” ujar Amin.

Pada tahap awal, Muhammadiyah telah menyalurkan bantuan senilai sekitar Rp45 miliar untuk kebutuhan masyarakat Palestina, termasuk dalam bentuk uang, pangan, obat-obatan, dan air bersih.

“Bantuan ini tidak lagi akan dititipkan, tetapi dibawa langsung oleh Muhammadiyah melalui Lazismu, karena juga ada relawan di sana (Palestina). Ke depan, penggalangan ini akan terus terbuka,” tandasnya.

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait