Bupati Touna Resmikan Sentra Industri Kecil dan Menengah

  • Whatsapp

Ampana, beritalima.com – Pemerintah Daerah Kabupaten Tojo Una Una (Touna) melalui Dinas perindustrian dan perdagangan menggelar acara peresmian penggunaan bangunan Sentra Industri Kecil dan Menengah Meubel yang berlangsung di Desa Uebone Kecamatan Ampana Tete, Selasa, (10/12/2019).

Bupati Tojo Una Una Mohamad Lahay SE MM mengatakan, Pengembangan ekonomi kerakyatan, merupakan strategi pembangunan yang menempatkan sektor ekonomi rakyat sebagai sasaran utama pembangunan. Landasan ekonomi dalam negeri dengan sendirinya dapat terbangun dari perekonomian Indonesia akan mampu lebih mandiri, kokoh dan Tidak tergantung dengan perekonomian luar negeri.

” maka arah kebijakan ekonomi nasional perlu ditujukan pada sektor yang sarat dengan kepentingan rakyat”. Ucap Bupati

Dalam konteks ini kata Muhammad Lahay, sektor industri kecik dan Menengah merupakan salah satu alternatif yang dapat dipilih dan merupakan salah satu langkah untuk membangun ekonomi kerakyatan.

“oleh karena itu, perlu dilakukan pembangunan Sentra Industri Kecil dan Menengah, baik untuk merelokasi industri kecil dan menengah yang tersebar maupun maupun menempatkan industri kecil dan menengah baru sehingga dapat dilakukan pengembangan dan penumbuhan IKM secara efektif dan efisien ” ujarnya.

Industri Kecil dan Menengah Meubel Kabupaten Touna dibangun dibangun melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) kementerian perindustrian Republik Indonesia tahun anggaran 2016,2017 dan 2018 dengan total anggaran Rp. 11.247.000.000 (sebelas Milyar dua ratus empat puluh tujuh juta ruoiah).

Dana tersebut di peruntukan membangun 1 unit kantor pengelola, 5 unit Workshop, 1 unit gudang bahan baku, 1 unit Musholah jalan lingkar Sentra, pos jaga, ruang genset, pagar, jaringan listrik, 1 unit galeri, dan peralatan Sentra Industri Kecil dan Menengah yang diperuntukkan untuk 15 industri kecil dan menengah yang bergerak disektor furniture.

“pembangunan Sentra Industri mebel kebupaten Tojo Una Una adalah upaya untuk mengembangkan potensi daerah yang sesuai dengan dengan kondisi daerah, kearifan lokal, potensi wilayah dan potensi unggulan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat” Kata Bupati.

“Oleh karena itu, dengan di Resmikannya Sentra Industri Meubel Kabupaten Tojo Una Una kedepan, kini kita harus membesarkan ekonomi rakyat, sehingga nantinya pertumbuhan ekonomi yang tinggi akan dibarengi dengan daya beli masyarakat yang kuat ” tambahnya

Acara peresmian di hadiri, Kepala Dinas Perindag, OPD lingkup Pemkab Touna, forkopimda,,Ketua dan Anggota DPRD Touna, Camat Ampana Tete, kepala kepala Desa dan tokoh tokoh agama. (HW)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *