Candi Jawi Ditebari 450 Ikan Oleh Forum Pamong Kebudayaan

  • Whatsapp

PASURUAN, beritalima.com- Forum Pamong Kebudayaan Jawa Timur, melakukan tabur benih ikan sebanyak 450 ekor di Candi Jawi, Desa Candiwates, Kecamatan Prigen, Pasuruan, Jawa Timur, Minggu 10 Maret 2020.

Tabur bibit FPK Jatim ini, hasil kerjasama BPCB (Balai Pelestarian Cagar Budaya) Trowulan, Mojokerto.

Plepasan bibit ikan itu dipimpin langsung oleh ketua BPCB Trowulan, Andi Muhammad Said.

“Kalau diberi Lele atau belut, takutnya nanti malah merongrong bangunannya. Kalau dikasih kebutuhan konsumsi masyarakat, semisal Nila takutnya terjadi yang tidak tidak di Candi ini. Maka kita putuskan menebar ikan hias Komet dan Maskoki.” Jelas Ketua Forum Pamong Kebudayaan Jatim, Ki Bagong Sabdo Sinukarto.

Ki Bagong -sapaan akrab Ki Bagong Sabdo Sinukarto- melanjutkan, penebaran ikan ini sejalan dengan tujuan FPK. Yakni merevitalisasi hubungan antara alam, manusia dan kebudayaan.

“Candi Jawi ini adalah salah satu candi tertua. Untuk itu saya rasa pas dengan salah satu implementasi dari tujuan FPK itu sendiri. Yakni merevitalisasi hubungan antara alam, manusia dan kebudayaan,” tambahnya.

Candi Jawi adalah salah satu obyek kebudayaan yang harus dilestarikan. Maka menurutnya, segala kegiatan pelestarian aset budaya akan selalu menjadi perhatian FPK Jatim.

“Kalau dulu, kolam itu adalah alat untuk meredam getaran. Jadi Candi bisa terlindungi dengan adanya peredam. Nah, kalau sekarang ini, kita sudah mengarah ke era Pariwisata, Ekonomi dan lain sebagainya. Maka dari itu kita putuskan memberi ikan hias di sini. Karena harapan kita semua, alam harus tetap lestari, obyek kebudayaan juga harus diselamatkan,” pungkasnya. (Red).

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait