CCAI Targetkan Tanam 50.000 Pohon di Jateng

  • Whatsapp

SEMARANG, beritalima.com – Menindaklanjuti kesuksesan Coca-Cola Forest di Lampung dan Bandung, Coca-Cola Amatil Indonesia (CCAI) meluncurkan Coca-Cola Forest di Semarang, Rabu (8/3/2017).

Berkolaborasi dengan masyarakat dan pemerintah setempat, Coca-Cola Forest Semarang bertujuan untuk meningkatkan cadangan air jangka panjang dengan cara menumbuhkan 50.000 bibit pohon per tahun untuk ditanam di daerah tangkapan air sekitar Jawa Tengah.

Peremian Coca-Cola Forest Semarang ini dilakukan Group Managing Director Coca-Cola Amatil (CCA), Alison Watkins, President Director CCAI, Kadir Gunduz, Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Beracun Berbahaya (PSLB3), Tuti Hendrawati Mintarsih, dan Bupati Semarang, Mundjirin.

“Beroperasi secara bertanggung jawab dan memberikan dampak positif kepada masyarakat di daerah tempat kami beroperasi adalah nilai-nilai yang penting bagi kami,” lanjut Alison Watkins.

“Kami berupaya keras untuk bermitra dengan masyarakat serta pelaku bisnis. Selalu ada lebih banyak yang dapat dilakukan, tetapi keberhasilan program Coca-Cola Forest merupakan pertanda baik untuk kelanjutan dan kesuksesan masa depan kami di Indonesia,” lanjut Group Managing Director Coca-Cola Amatil (CCA) ini.

Coca-Cola Forest ketiga tersebut mendukung petani dan masyarakat Semarang untuk terus memproduksi padi di lahan CCAI, dan di saat yang sama turut mengembangkan kemampuan mereka dalam empat bidang baru.

Mereka dapat menanam pohon di area penanaman pohon dan pembibitan CCAI, belajar membuat kompos dari ampas produksi teh CCAI, beternak ikan di sawah atau yang dikenal juga dengan Minapadi di area persawahan CCAI, dan mendalami konsep reuse-reduce-recycle.

Keempat modul tersebut dapat diakses oleh masyarakat dan disampaikan melalui dua tahapan, yaitu in-class training dan praktik langsung di lapangan untuk hasil yang maksimal.

“Melalui Coca-Cola Forest yang ketiga ini kami menggabungkan program-program untuk memberdayakan masyarakat melalui empat modul pelatihan, sekaligus melestarikan lingkungan melalui penanaman pohon di area resapan air,” kata Kadir Gunduz.

“Bersama inisiatif-inisiatif keberlanjutan kami yang lain, Coca-Cola Forest adalah bentuk komitmen kami untuk bertumbuh bersama masyarakat di area tempat kami beroperasi sebagai bisnis yang bertanggung jawab,” tambah President Director CCAI ini.

CCAI memandang kolaborasi yang komprehensif untuk mencapai tujuan Coca-Cola Forest sebagai hal yang krusial. Sejumlah tenaga ahli turut terlibat dalam pengembangan Coca-Cola Forest Semarang, termasuk Komunitas Harapan, Universitas Satyawacana, dan Dinas Pertanian Jawa Tengah.

Pemerintah Jawa Tengah mendukung dan mengapresiasi upaya CCAI dalam bidang lingkungan hidup dan pengembangan masyarakat melalui peluncuran Coca-Cola Forest Semarang.

Kami berharap kolaborasi ini dapat berjalan dengan baik dan menjadi contoh positif bagaimana sektor swasta, pemerintah, dan masyarakat dapat bersama-sama menjaga dan melestarikan lingkungan,” ujar Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Sejak memasuki Indonesia 25 tahun lalu, bertumbuh bersama masyarakat dan berkontribusi dalam pelestarian lingkungan hidup telah menjadi bagian penting dari bisnis CCAI.

Upaya CCAI dalam menjalankan program-program CSR dan Sustainability diterapkan dalam empat pilar: Our People, Our Wellbeing, Our Environment, dan Our Community.

Di Jawa Tengah, CCAI telah mendukung berbagai aktivitas masyarakat di sekitar pabrik dan fasilitas CCAI melalui bantuan pendidikan, donasi ratusan tempat sampah untuk membantu pengelolaan sampah post-consumer, serta mempromosikan gaya hidup aktif dan sehat melalui kegiatan olahraga, termasuk program pelatihan sepakbola tahunan, Coke Kicks. (Ganefo)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *