Cegah Banjir Dinas PUPR Touna Normalisasi Sungai

  • Whatsapp

Ampana,beritalima.com – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Tojo Una-una melakukan normalisasi di sejumlah sungai utama yang menjadi langganan banjir .

Kepala Dinas PUPR Tojo una-una Mohammad Ilyas mengatakan saat ini dua sungai utama yakni sungai Ampana dan sungai Toba yang berada di ibu lota Kabupaten Touna telah dilakukan normalisasi untuk mengantisipasi banjir yang sewaktu waktu dapat meluap ke pemukiman masyarakat.

“ saat ini memang intensitas hujan masih sangat tinggi . sehingga kita sedang melakukan penataan dibeberapa titik sungai yang memang sering terjadi banjir “ kata Ilyas , Kamis,(23/09/2021).

“ dimana Tujuan dilakukan normalisasi ini untuk mengatisipasi risiko terjadinya banjir di musim penghujan,” sambungnya

Dia menambahkan ,pada kamis pagi , Alat berat sudah diturunkan di sungai Muara Toba , normalisasi ini dilakukan atas permintaan masyarakat kerena terjadi pendangkalan sungai diarea bawah jembatan .

“ Sehingga nantinya masyarakat tidak khawatir lagi jika sewaktu waktu ada hujan deras serta kiriman air yang berhulu dari pegunungan menuju muara yang padat pemukimasn penduduk “ jelasnya .

Sementara itu , kepala Seksi peningkatan jalan Bahrun M Nawir , menambahkan normalisasi sungai yang telah dilakukan Dinas PUPR ada dibeberapa titik diantaranya di Kelurahan Dondo Batampolo , Desa Saluaba Sungai Muara Toba dan Sungai Ampana .

Bahrun menambahkan ,beberapa alat berat saat ini disiagakan didaerah daerah yang rawan banjir ataupun longsor dalam mengantisipasi jika terjadi bencana di musim penghujan saat ini .

“ sesuai kondisi cuaca musim hujan yang saat ini masih cukup tinggi artinya alat berat harus dipersiapkan disiagakan untuk mengantisipasi jika terjadi banjir “ tutup Bahrun (HW)

beritalima.com
beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com beritalima.com

Pos terkait